Mahasiswa Fikom Unpad Raih Juara 1 “Creative Program Production” Nasional di Surabaya

[unpad.ac.id, 10/04/2018] Tiga mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran meraih juara pertama pada Komunikasi Fiesta (Komfiest) mata lomba Creative Program Production yang digelar Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Sabtu (7/4). Mereka adalah Muhammad Ihsan (Manajemen Komunikasi), Ryo Arbani (Televisi dan Film), dan Ariq Anhasdio (Televisi dan Film), yang tergabung dalam tim “Found A Mental Production”.

Tiga Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran, Muhammad Ihsan (Manajemen Komunikasi), Ryo Arbani (Televisi dan Film), dan Ariq Anhasdio (Televisi dan Film), meraih juara pertama pada Komunikasi Fiesta (Komfiest) mata lomba Creative Program Production yang digelar Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Sabtu (7/4).*

Komfiest merupakan kompetisi tingkat nasional yang sudah masuk tahun ketujuh. Penyelenggaraan tahun ini mengangkat tema “Creative Industry” dengan lima mata lomba, salah satunya yaitu Produksi Program Kreatif Televisi dengan subtema “Hopes”.

Tim yang diketuai Muhammad Ihsan tersebut berhasil maju ke babak final setelah melewati seleksi awal, yaitu pengunggahan karya berupa proposal dan teaser program. Program kreatif televisi dengan nama program “Startnesia” ini berhasil membawa Ihsan dan tim masuk ke tahap final 5 besar. Mereka mempresentasikan karya tersebut pada acara puncak di Surabaya.

Pada kompetisi tersebut, tim Unpad mengusulkan program variety show seputar start-up yang dikemas secara menarik dan sesuai target penontonnya.

Program yang mereka gagas ini berdurasi selama satu jam dengan lima segmen, mulai dari  kunjungan ke workspace start-up untuk mengulas tentang sejarah, produk, dan lingkungan kerjanya, dilanjutkan dengan Tebak-Tebakan Start-Up (TTS), SolusiOn!, dan Tips&Trick Start-Up. Program ini dirancang selama 16 episode dengan 32 bintang tamu yaitu Founder/CEO dari berbagai Start-Up yang telah memiliki nama besar untuk memberikan daya tarik bagi penonton/pemirsa.

Dewan juri memberikan apresiasi kepada karya dari tim Unpad ini, baik dari orisinalitas karya, teaser program, latar belakang program, ide program, dan penggunaan riset calon penonton dan program.

Melalui prestasi ini, ketiganya berharap dapat terus menggali potensi dalam diri dan terus berkarya yang dapat bermanfaat bagi banyak orang. Terlebih lagi jika gagasan program tersebut dapat terimplementasikan di salah satu stasiun televisi di Indonesia, tentunya harapan baik akan industri kreatif di Indonesia semakin bisa terealisasikan.*

Rilis/art