Maluku Corner Unpad Jadi Mitra Strategis Pengembangan Kawasan Kepulauan Maluku

[unpad.ac.id, 10/4/2018] Pusat Unggulan Maluku Corner Universitas Padjadjaran semakin aktif berkontribusi dalam mengembangan kawasan Kepulauan Maluku. Hal ini diperkuat dengan adanya kerja sama dengan sejumlah institusi yang memiliki kesamaan peran untuk membangun kawasan Indonesia Timur.

Direktur Kerjasama dan Korporasi Akademik Unpad Prof. Budi Setiabudiawan (barisan depan, kedua dari kanan) dan Ketua Pusat Unggulan Maluku Corner Unpad Dr. Reginawanti Hindersah (barisan depan, keempat dari kiri) berfoto bersama dengan pimpinan dan staf Fiji National University. Hingga April 2018, Maluku Cornern telah menjalin kerjasama dengan banyak instusi yang bergerak di pengembangan kawasan Indonesia Timur dan Asia Pasifik. Sebagai pusat unggulan yang memiliki komitmen nyata dalam pengembangan kawasan Kepulauan Maluku dan Indonesia Timur, Maluku Corner dinilai sebagai mitra strategis untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat di kawasan tersebut.*

Berdasarkan data Pusat Unggulan Maluku Corner, kerjasama aktif yang telah dibangun oleh Maluku Corner adalah dengan Kementerian Luar Negeri RI melalui Direktorat Kerjasama Intra dan Antar Kawasan (KSIA) Asia Pasifik (Aspasaf) sejak 2017 silam.

Kerja sama dilakukan bukan hanya untuk memperkuat kerjasama di wilayah Indonesia Timur, tetapi juga meluas hingga negara-negara di kawasan Asia Pasifik. Ini didasarkan adanya kesamaan ras antara bangsa di kawasan Pasifik dengan sebagian besar masyarakat dari lima provinsi di timur Indonesia, yaitu Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat.

Hingga April 2018, kerjasama dengan Direktorat KSIA Aspasaf semakin intens dilakukan. Maluku Corner Unpad ditunjuk sebagai narasumber dalam beberapa pertemuan resmi di kawasan Asia Pasifik. Direktorat KSIA Aspasaf juga akan turut serta dalam beberapa kegiatan Maluku Corner di sejumlah kota/kabupaten di Maluku.

Pusat unggulan ini juga melakukan kerjasama dengan Direktorat Eropa III Kementerian Luar Negeri RI. Melalui kerjasama ini, Maluku Corner sebagai fasilitator bagi Direktorat Eropa III dalam membawa bantuan bagi kelompok nelayan di Kepulauan Maluku. Bantuan ini diberikan langsung dari pemerintah Rusia melalui kedutaannya di Indonesia.

Pemberian bantuan ini akan disertai dengan penguatan institusi dan kapasitas masyarakat nelayan sasaran. Program ini melibatkan sejumlah pemangku kepentingan utama direktorat, yaitu Maluku Corner, Pemerintah Provinsi Maluku, serta Universitas Pattimura.

Para pimpinan direktorat tersebut menilai, Maluku Corner menjadi mitra strategis untuk pengembangan Indonesia Timur. Kerjasama yang dibangun kedua institusi ini diharapkan memiliki tujuan akhir berupa peningkatan kesejahteraan masyarakat di kawasan Indonesia Timur.*

Rilis: Maluku Corner/am