Unpad Fasilitasi Program Pelatihan Pengembangbiakan Sapi Komersial Indonesia-Australia

[unpad.ac.id, 3/4/2018] Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan Kemitraan Indonesia-Australia untuk Ketahanan Pangan di Sektor Sapi dan Daging Merah serta Australia Awards Indonesia menggelar pelatihan pengembangbiakan sapi komersial. Pelatihan tersebut dilaksanakan di Indonesia dan Autralia.

Wakil Rektor bidang Riset, Pengabdian pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Unpad Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., saat memberikan sambutan dalam pembukaan program pelatihan pengembangbiakan sapi komersial di Bandung Giri Gahana Golf & Resort Jatinangor, Selasa (3/4). Pelatihan digelar atas kerjasama Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran dengan Kemitraan Indonesia-Australia untuk Ketahanan Pangan di Sektor Sapi dan Daging Merah serta Australia Awards Indonesia.*

Sebanyak 20 peserta yang terdiri dari pelaku ternak di bidang pengembangbiakan sapi mengikuti pelatihan ini. Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam memahami sistem pengembangbiakan sapi yang berorientasi komersial di Indonesia, terutama dari segi produksi dan keberlanjutan finansial.

Peserta juga berkesempatan memperluas jaringan profesionalnya serta mempromosikan hubungan komersial yang saling menguntungkan antara Indonesia dan Australia.

Pelatihan ini digelar selama tiga minggu, yaitu 3 April hingga 5 Mei 2018. Pelatihan di Indonesia digelar pada tanggal 3 – 14 April 2018. Agenda pelatihan di Indonesia meliputi kegiatan seminar dan materi di kampus Fapet Unpad yang dilanjutkan dengan kunjungan lapangan ke perusahaan peternakan sapi di berbagai wilayah di Indonesia.

Ada tiga perusahaan peternakan yang menjadi mitra dari program kemitraan Indonesia dan Australia untuk pembiakan sapi secara komersial (IACCBP), yaitu PT. Buana Karya Bhakti dan PT. Cahaya Abadi Petani di Kalimantan Selatan serta PT. Superindo Utama Jaya di Lampung.

Sementara pelatihan di Australia Utara akan dilaksanakan pada 29 April hingga 5 Mei. Pelatihan tersebut meliputi kegiatan teori dan praktik kunjungan lapangan ke beberapa peternakan di Katherine, Australia Utara. Pelatihan ini difasilitasi the Northen Territory Department of Primary Industry and Resources (DPIR) dan didukung Northen Territory Cattlemen’s Association (NTCA).

Pembukaan pelatihan digelar di Bandung Giri Gahana Golf & Resort Jatinangor, Selasa (3/4). Acara pembukaan ini dihadiri Wakil Rektor bidang Riset, Pengabdian pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Unpad Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt. Dalam sambutannya, Dr. Keri mengapresiasi adanya program kerjasama pelatihan ini.

“Program pelatihan ini diharapkan memberikan manfaat dalam peningkatan skill dan knowledge baik bagi peserta maupun sumber daya staf akademik Fapet Unpad,” kata Dr. Keri.*

Rilis/am