Dosen Unpad Berbagi Rezeki di Bulan Ramadan

[Unpad.ac.id, 1/6/2018] Sejumlah dosen Universitas Padjadjaran menggalang donasi untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan di sekitar Jatinangor. Hal ini dilakukan sebagai wujud kepedulian sivitas akademika Unpad terhadap lingkungan sekitar kampus.

Sejumlah dosen Universitas Padjadjaran yang diwakili Dr. Gilang Yubiliana, drg., M.Kes., (paling kiri), Dr. R. Ira Irawati, M.Si., (kedua dari kiri), dan Susi Machdalena, PhD (kedua dari kanan), secara simbolis menyerahkan alat salat kepada pengurus DKM Masjid Raya Unpad Dr. Dudi, di Masjid Raya Unpad, Jatinangor, Jumat (1/6). (Foto: Tedi Yusup)*

Pelaksana donasi Dr. Gilang Yubiliana, drg., M.Kes., mengatakan, kampus merupakan rumah kedua bagi para dosen. Hal ini menggugah mereka untuk menyisihkan sebagian rezekinya untuk berbagi dengan saudara terdekatnya di sekitaran wilayah kampus Jatinangor.

“Ini sifatnya spontan, kami inisiasi dan informasikan di media sosial. Dan respons para dosen sangat banyak,” kata Dr. Gilang saat diwawancarai Humas Unpad.

Sebanyak 40 Dosen dari berbagai fakultas di Unpad bergabung dalam penggalangan donasi tersebut. Total donasi yang terkumpul mencapai sekitar 20 juta rupiah. Dosen Fakultas Kedokteran Gigi Unpad ini menyebut, dana tersebut kemudian diwujudkan melalui penyediaan Alquran sebanyak 40 buah, mukena 40 buah, sajadah 10 buah, serta paket nasi untuk berbuka puasa sebanyak 300 buah.

Pendistribusian donasi tersebut dilakukan dalam acara buka puasa bersama yang digelar di Masjid Raya Unpad kampus Jatinangor, Jumat (1/6).

“Sisa dari donasi akan disalurkan via Komunitas Sedekah Nasi yang merupakan organisasi nonprofit,” kata Dr. Gilang.

 

Dr. Gilang menjelaskan, distribusi ini merupakan termin pertama dari penyerahan donasi yang dilakukan dosen Unpad. Ia berharap, kegiatan ini bisa menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan Unpad setiap tahunnya.

“Donasi yang terkumpul diharapkan bukan hanya dari para dosen, tetapi lebih luas lagi, yaitu dari tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni, serta bantuan CSR dari para stakeholder Unpad,” tuturnya.*

Laporan oleh Arief Maulana