Mahasiswa Unpad Hasilkan Inovasi Penghilang Bau Kaki

[unpad.ac.id, 11/7/2018] Banyak orang yang belum memahami pentingnya merawat dan menjaga kebersihan kaki. Padahal kaki merupakan salah satu anggota tubuh yang penting untuk diperhatikan kesehatannnya. Hal inilah yang mendorong lima mahasiswa Universitas Padjadjaran berinovasi untuk membuat produk perawatan kaki yang praktis dan berkhasiat.

Inovasi sejumlah mahasiswa Unpad untuk menghilangkan bau kaki dan meningkatkan kepercayaan diri.*

Mereka adalah Dede Putri Sriyani (Administasi Bisnis), Muhammad Ihsan (Manajemen Komunikasi), Ghina Izdihar (Kimia), Dini Wahyuni (Administrasi Bisnis), dan Dini Oktaviani (Kimia) yang tergabung dalam sebuah kelompok Program Kreativitas  Kemahasiswaan (PKM-K), dengan dosen pembimbing Dr. Desi Harneti Putri Huspa, M.Si. Inovasi ini berhasil mendapatkan pendanaan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi  tahun 2018.

Produk yang diberi nama Perfect Deodorizer atau “PeDe” ini merupakan pewangi yang ditempel di kaki. Selain sehat, produk ini juga diyakini dapat meningkatkan kepercayaan diri para penggunanya.

“Cara menggunakannya yaitu buka kemasan dari PeDe, lalu ambil sepasang produk didalamnya, tinggal tempelkan di punggung atau telapak kaki. Produk ini ideal dipakai selama 5 hari, namun bisa dipakai hingga seminggu bahkan lebih,” kata Ihsan dalam rilis yang diterima Humas Unpad.

PeDe berbentuk pipih dan berukuran setengah kaki orang dewasa. Produk ini terbuat dari racikan sejumlah bahan alami yang didesain sangat praktis sehingga mudah dibawa kemana saja.

“Bahan alami yang digunakan seperti ekstrak minyak dari jeruk nipis, melati, sereh, dan lavender yang memberikan nilai ekonomis atas penggunaan bahan-bahan tersebut,” kata Ihsan.

Produk yang dipasarkan memiliki akun Instagram @Kaki.Pede ini memiliki khasiat untuk mengatasi bau kaki, memberikan sensasi segar saat pemakaian, dapat melancarkan peredaran darah, serta mengurangi rasa pegal di kaki.

Terdapat empat varian aroma produk inovasi ini, yaitu Bergemot Orange, Lemongrass, Jasmine, dan Peppermint + Lavender.*

Rilis/art