Mahasiswa Unpad Kembangkan Biji Nangka Jadi Minuman Bergizi

[unpad.ac.id, 10/7/2018] Sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengembangkan biji nangka menjadi minuman enak dan bergizi. Minuman yang dinamakan Smoothie Rendah Lemak atau “Smile” ini diyakini baik bagi kesehatan tulang dan saluran pencernaan,  serta mengandung energi yang tinggi untuk menunjang aktivitas yang padat.

Sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengembangkan biji nangka menjadi minuman enak dan bergizi. Minuman yang dinamakan Smoothie Rendah Lemak atau “Smile” ini diyakini baik bagi kesehatan tulang dan saluran pencernaan, serta mengandung energi yang tinggi untuk menunjang aktivitas yang padat.*

Minuman sehat tersebut merupakan Program Kreativitas Mahasiswa dari Puji Nurul Aeni, Chantika Putri Devyan, Nadia Laksmita Dewi, dan Berliana Ayu Aprilia dengan dosen pembimbing Dr. Gemilang Lara U. S., S.Pt. M. I. L. Smile merupakan salah satu PKM Kewirausahaan dari Unpad yang berhasil mendapatkan pendanaan dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI.

Komposisi dari Smile sendiri terdiri dari sari biji nangka, yoghurt, dan pisang. Masing-masing bahan ini memiliki kandungan gizi yang tinggi untuk memenuhi kecukupan gizi tubuh manusia.

“Kita ketahui bahwa pemanfaatan biji nangka di Indonesia belum maksimal. Seringkali biji nangka tidak diolah kembali atau langsung dibuang ketika buah nangka telah dikonsumsi. Namun, kami melihat bahwa biji nangka ini merupakan bahan baku potensial yang dapat ditambahkan untuk membuat modifikasi produk smoothie,” kata Chantika dalam rilis yang diterima Humas Unpad.

Lebih lanjut Chantika menjelaskan bahwa biji nangka mengandung fosfor dan kalsium yang tinggi, rendah lemak, dan dapat dijadikan alternatif pengganti susu sapi dan susu kedelai. Dengan penggunaan sari biji nangka, selain menambah kandungan gizi pada produk, juga menfaatkan produk samping pangan hasil pertanian agar tidak dibuang begitu saja.

Smoothie ini berperan sebagai minuman ringan dengan cita rasa segar dan bahan baku yang unik, dan mempunyai manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh,” ujar Chantika.

Smile sudah dipasarkan di kampus Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP) Unpad, juga dapat dipesan melalui instagram @smoothiessmile.*

Rilis/art