Sebanyak 55 Kelompok PKM Unpad Jalani Monitoring dan Evaluasi

[unpad.ac.id, 10/7/2018] Sebanyak 55 kelompok Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Padjadjaran yang lolos didanai Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI mengikuti Monitoring dan Evaluasi (Monev) di Gedung Rektorat Universitas Padjadjaran kampus Jatinangor, Senin (9/7) hingga Selasa (10/7).

Salah satu kelompok mahasiswa Unpad sedang mempresentasikan proposal PKM sebagai bagian dari Monitoring dan Evaluasi. Monev di kampus Unpad dilaksanakan pada Senin (9/7) dan Selasa (10/7) (Foto: Tedi Yusup)*

Monev tersebut dilaksanakan untuk mengetahui perkembangan dan mengevaluasi pelaksanaan PKM 5 Bidang dari para mahasiswa yang proposal programnya berhasil mendapatkan pendanaan.

Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Dr. Wawan Hermawan, M.S. mengungkapkan bahwa berbagai kegiatan pendampingan telah dilakukan untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi Monev tersebut.

“Sebelumnya sudah ada Monev internal. Kita juga menghadirkan reviewer nasional yang juga staf Unpad untuk menyampaikan hal-hal yang sifatnya administratif maupun substantif agar ketika Monev semuanya siap,” ungkap Prof. Wawan.

Tahun ini, sebanyak 55 kelompok PKM Unpad berhasil mendapatkan pendanaan, terdiri dari 18 kelompok PKM Kewirausahaan, 1 kelompok PKM Teknologi, 3 Kelompok PKM Pengabdian Kepada Masyarakat, 11 Kelompok PKM Karsa Cipta, 20 kelompok PKM Penelitian Eksakta, dan 2 kelompok PKM Penelitian Sosio Humaniora.

“Dari 55 kelompok itu diharapkan minimal setengahnya mewakili Unpad di Pimnas, dan nanti harapannya darisana akan memperoleh emas, dan prestasinya meningkat dari sebelumnya,” harap Prof. Wawan.

Proses pendampingan terhadap mahasiswa yang mengikuti PKM ini sendiri sudah dilakukan sejak sebelum pendaftaran. Diungkapkan Prof. Wawan, para mahasiswa yang mendaftar ini merupakan kelompok yang siap menang. Dengan kata lain, kualitas program para mahasiswa ini sudah dinyatakan unggul.

“Semua sudah dipersiapkan dengan baik,” kata Prof. Wawan.

Selain 55 kelompok PKM dari Unpad, pelaksanaan Monev di kampus Unpad juga diikuti oleh 35 kelompok PKM dari sejumlah perguruan tinggi di Jawa Barat. Monev PKM di kampus Unpad ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A. di Bale Rucita Unpad, Senin (9/7) kemarin.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana