Ini yang Harus Diperhatikan Calon Mahasiswa Baru Unpad Terkait Registrasi dan PMB

[unpad.ac.id, 6/8/2018] Universitas Padjadjaran akan menyelenggarakan registrasi administrasi bagi calon mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Selasa (7/8) dan Rabu (8/8) untuk calon mahasiswa dari jalur SBMPTN, dan Kamis (9/8) untuk calon mahasiswa dari jalur Diploma IV.

Logo Unpad.*

“Jangan sampai registrasi ini, baik yang SBMPTN maupun Diploma IV, terlewatkan,” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A., saat dihubungi Humas Unpad, Senin (6/8).

Dr. Arry mengatakan, calon mahasiswa dianggap mengundurkan diri jika tidak melakukan registrasi. Sebab, proses registrasi merupakan pintu masuk (entry point) calon mahasiswa menjadi mahasiswa secara formal.

Dengan registrasi, calon mahasiswa akan mendapatkan beberapa kelengkapan sebagai sivitas akademika Unpad, yaitu kartu tanda mahasiswa (KTM), jas almamater, hingga berbagai hal seputar prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB).

Namun, pihaknya menoleransi calon mahasiswa yang tidak bisa melaksanakan registrasi karena sakit atau kebutuhan mendesak dengan melampirkan surat atau bukti pernyataan dari pihak berwenang. “Jangan sampai tidak ada keterangan sedikit pun,” tambahnya.

Mengingat proses registrasi ini sangat penting, Dr. Arry mengimbau calon mahasiswa untuk memastikan jadwal dan menyiapkan berkas yang disyaratkan. Untuk registrasi SBMPTN, calon mahasiswa telah ditentukan jadwal registrasi berdasarkan fakultasnya.

Terkait pengajuan keluhan Uang Kuliah Tunggal (UKT) maupun Bidikmisi, Unpad telah menyiapkan petugas khusus di meja keluhan (help desk) pada saat registrasi dilaksanakan. Dr. Arry menekankan, layanan di meja keluhan ini bukan untuk mengajukan penangguhan pembayaran UKT.

“Petugas tidak berwenang menangguhkan pembayaran. Untuk itu, sebisa mungkin calon mahasiswa tetap membayar dengan dicicil. Terkait pencicilannya bisa disampaikan ke petugas di help desk,” kata Dr. Arry.

Selain itu, Dr. Arry juga mengimbau para orang tua tidak terlalu memadati area registrasi. Ini dilakukan agar proses registrasi berjalan dengan lancar.

“Biarkan calon mahasiswa punya tanggung jawabnya sendiri,” imbuh Dr. Arry.

Pelaksanaan registrasi juga diperlukan untuk pengelompokan mahasiswa baru dalam program Tahapan Persiapan Bersama (TPB). Setiap kelompok dalam program TPB merupakan mahasiswa baru dari berbagai fakultas di Unpad.

Prosesi PMB sendiri terdiri dari rangkaian kegiatan di tingkat universitas dan fakultas. Pelaksanaan PMB universitas dan fakultas akan dilaksanakan pada 27 Agustus hingga 31 Agustus mendatang.

Dr. Arry mengatakan, berkenaan dengan digunakannya Stadion Jati Padjadjaran sebagai lokasi latihan kontingen Asian Games 2018, ada 2 opsi yang akan dipilih terkait pelaksanaan PMB. Alternatif petama, pelaksanaan PMB universitas dan pengenalan UKM akan digelar di lapangan Pusat Pelayanan Basic Science (PPBS) kampus Unpad Jatinangor.

“Alternatif kedua, pelaksanaan di PPBS tapi hanya diikuti perwakilan mahasiswa baru. Sebagian mahasiswa baru berada di fakultas masing-masing,” kata Dr. Arry.*

Laporan oleh Arief Maulana