Registrasi Mahasiswa Baru Unpad Jalur SBMPTN Dilaksanakan

[unpad.ac.id, 7/8/2018] Sebanyak 4.270 calon mahasiswa baru Universitas Padjadjaran dari jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun akademik 2018/2019 melaksanakan registrasi administratif di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Selasa (7/8) dan Rabu (8/8).

Petugas registrasi sedang melaksanakan pemotretan kepada calon mahasiswa baru Unpad jalur SBMPTN tahun akademik 2018/2019 dalam registrasi administrasi di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Selasa (7/8). (Foto: Tedi Yusup)*

Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Dr. Wawan Hermawan, M.S., mengatakan, alur registrasi hampir sama dengan pelaksanaan sebelumnya. Calon mahasiswa baru menyerahkan berkas persyaratan yang telah ditentukan untuk dilakukan verifikasi.

Setelah itu, para calon akan mendapatkan nomor pokok mahasiswa (NPM) dan melakukan foto untuk kartu tanda mahasiswa (KTM).

Saat ditemui disela pelaksanaan registrasi, Selasa (7/8), Prof. Wawan menjelaskan, untuk tahun ini pencetakan KTM dilakukan oleh bank mitra Unpad. Ini didasarkan, KTM Unpad bersifat multifungsi (kombo). Selain sebagai identitas mahasiswa Unpad, KTM bisa menjadi kartu ATM maupun alat transaksi nontunai.

“Ada 4 bank mitra yang bertugas melakukan pencetakan kartu, yaitu BRI, BNI, Bank Mandiri, dan BJB,” ujar Prof. Wawan.

Setiap calon telah memilih bank yang akan mencetak KTM pada tiga hari sebelum registrasi dilaksanakan. Dengan demikian, mahasiswa tinggal mendatangi gerai perbankan yang dipilih pada saat registrasi.

Selain mendapatkan NPM dan KTM, calon mahasiswa juga akan mendapatkan kelengkapan untuk mengikuti prosesi penerimaan mahasiswa baru, seperti jas almamater, kaos, dan ikat tradisional. Calon mahasiswa juga mengikuti proses administrasi untuk mendapatkan Kartu Indonesia Sehat.

“Kita sudah targetkan, proses registrasi ini tidak akan lama,” kata Prof. Wawan.

Prof. Wawan melanjutkan, dari jumlah calon mahasiswa baru SBMPTN tersebut, sebanyak 546 menerima program bantuan Bidikmisi. Jumlah ini ditentukan berdasarkan batasan kuota yang ditetapkan pemerintah. Meski demikian, jumlah pelamar Bidikmisi di Unpad mencapai 849 orang.

“Kita sudah lakukan verifikasi dengan mengecek ke lokasi pelamar. Akhirnya kita sudah dapatkan (pelamar) yang sesuai dengan kuota,” imbuhnya.

Jumlah keseluruhan calon mahasiswa dari jalur SBMPTN yang melakukan registrasi adalah 4.556 orang. Sebanyak 286 orang sisanya merupakan calon mahasiswa Program Studi di luar Kampus Utama (PSDKU) di Garut dan Pangandaran. Pelaksanaan registrasi PSDKU sendiri akan digelar di masing-masing kampus PSDKU pada 12 – 14 Agustus mendatang.

Selain registrasi jalur SBMPTN, sebanyak951 calon mahasiswa program Diploma IV, 141 calon mahasiswa program Profesi, 273 calon mahasiswa program Spesialis, 933 calon mahasiswa program Magister, dan 322 calon mahasiswa program Doktor akan melaksanakan registrasi di Grha Sanusi Hardjadinata pada Kamis (9/8) besok.*

Laporan oleh Arief Maulana