Lima Puluh Tahun Dedikasi, Pakar Hukum Lingkungan Unpad Prof. Daud Silalahi Luncurkan Buku

[unpad.ac.id, 19/9/2018] Selama lima puluh tahun, Prof. Daud Silalahi telah menunjukkan dedikasinya dalam perkembangan Hukum Lingkungan di Indonesia. Ada banyak inspirasi yang dapat diteladani oleh sivitas akademika dari Guru Besar Hukum Lingkungan Fakultas Hukum (FH) Universitas Padjadjaran ini.

Guru Besar Hukum Lingkungan Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Prof. Daud Silalahi (kiri) memberikan secara simbolis buku “Lahirnya Hukum Lingkungan dan Perkembangannya dalam Perspektif Internasional dan Regional” kepada Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir Ilyas Asaad, (kedua dari kiri), Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad (kedua dari kanan), serta perwakilan FH Unpad dalam acara “Lima Puluh Tahun Dedikasi Prof. Daud Silalahi dalam Perkembangan Hukum Lingkungan Indonesia” sebagai salah satu rangkaian acara Dies Natalis ke-61 Unpad, di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35 Bandung, Rabu (19/9). (Foto: Tedi Yusup)*

Inspirasi dari dedikasi Prof. Daud diantaranya dapat diperoleh melalui buku “Lahirnya Hukum Lingkungan dan Perkembangannya dalam Perspektif Internasional dan Regional” yang diluncurkan dalam acara “Lima Puluh Tahun Dedikasi Prof. Daud Silalahi dalam Perkembangan Hukum Lingkungan Indonesia” sebagai salah satu rangkaian acara Dies Natalis ke-61 Unpad, di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35 Bandung, Rabu (19/9).

Pada kesempatan tersebut, Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad mengatakan bahwa Prof. Daud telah memberikan banyak contoh dalam kosistensinya menekuni bidang ilmu yang ia dalami itu. Bukan hanya sekadar dedikasi, melainkan turut memberi energi pada perkembangan hukum lingkungan.

“Kami setidaknya warga Unpad ini (diharapkan) dapat meneladani apa yang Prof. Daud dedikasikan, bukan hanya bagi Unpad tetapi bagi bangsa ini termasuk dunia ini,” harap Rektor.

Sementara itu, Prof. Daud mengatakan bahwa buku tersebut merupakan hasil penelitian dan sejumlah pertemuan ilmiah, baik nasional maupun internasional, yang ia jalani selama empat puluh tahun, yakni sejak tahun 1972 hingga 2012.

“Jadi murni berdasarkan pengalaman. Hanya beberapa referensi yang saya masukan,” katanya.

Buku tersebut terdiri dari lima bab, yakni Pendahuluan, Peta Pemikiran, Hukum Lingkungan Indonesia dan Perkembangannya, Saat ini dan Masa Depan, serta Penutup.

Adapun pemikiran dasar yang telah memberikan banyak kontribusi bagi perjalanan dedikasi Prof. Daud diantaranya berasal dari sejumlah tokoh, yaitu Prof. Mochtar Kusumaatmadja, Prof. Otto Sumarwoto, dan Prof. Emil Salim.

Menurut Prof. Daud, dalam perkembangan hukum lingkungan saat ini, yang menjadi tantangan adalah bagaimana para ahli hukum lingkungan dapat berpacu dengan cepatnya perkembangan ilmu dan teknologi.

“Apakah para ahli hukum mampu merumuskan kebijakan lingkungan untuk menyelesaikan masalah, dilihat dari perkembangan ilmu teknologi yang jauh lebih cepat. Ini persoalannya,” kata Prof. Daud.

Untuk itu, Unpad dengan Pola Ilmiah Pokok “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional” diharapkan mampu untuk terus mengembangkan pendidikannya dalam menjawab tantangan yang ada.

Acara tersebut juga dihadiri pembicara kunci mewakili Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Inspektur Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr. Ir Ilyas Asaad, MP., M. Dalam paparannya, Dr. Ilyas mengatakan bahwa saat ini permasalahan lingkungan masih saja terjadi, dan Unpad diharapkan dapat terus memberikan kontribusi.

“Unpad sebagai lembaga terdepan dalam pengelolaan lingkungan hidup serta pengembangan hukum lingkungan masih terus di harapkan kontribusinya. Ahli-ahli lingkungan yang terkenal selama ini perlu diperbanyak. Bukan hanya ahli dalam menyusun kebijakan dan regulasi juga ahli yang bersaksi di pengadilan. Ini menjadi catatan penting kami karena ternyata tidak mudah mencari ahli untuk bersaksi dipengadilan,” kata Dr. Ilyas.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilaksanakan Bedah Buku dengan menghadirkan narasumber sejumlah Guru Besar Unpad, yaitu Prof. Armida Salsiah Alisjahbana, S.E., MA., Ph.D. dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prof. Oekan S Abdoellah, MA., Ph.D. dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, dan Prof. Dr. Ida Nurlinda, S.H., M.H dari Fakultas Hukum.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

Share this: