Rektor Unpad Jabat Ketua Umum Jaringan Perguruan Tinggi untuk Pengembangan Infrastruktur Indonesia 2018-2021

[unpad.ac.id, 13/9/2018] Universitas Padjadjaran menjadi ketua umum Jaringan Perguruan Tinggi untuk Pengembangaan Infrastruktur Indonesia atau University Network Indonesia Infrastructure Development (UNIID) periode 2018-2021.

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad (ketiga dari kanan) dalam Simposium ke-III University Network Indonesia Infrastructure Development (UNIID) di Swiss-Belhotel, Balikpapan, Rabu (12/9) kemarin. Unpad terpilih secara aklamasi menjadi ketua umum UNIID periode 2018-2021.*

Jabatan ketua umum ini dipegang langsung Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad. Unpad terpilih secara aklamasi oleh 27 perguruan tinggi anggota UNIID dalam rapat anggota yang digelar di sela Simposium ke-III UNIID 2018 di Swiss-Belhotel, Balikpapan, Rabu (12/9) kemarin.

“Universitas adalah mitra penting pemerintah untuk pembangunan infrastruktur dan Unpad merasa bangga mendapatkan kepercayaan ini. Apalagi selama ini Unpad sudah memiliki Pusat Studi Hukum Infrastruktur di Fakultas Hukum dan tahun ini juga membuka konsentrasi pembiayaan infrastruktur pada program Magister Akuntasi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis” ujar Rektor Unpad dalam keterangan pers yang diterima Humas Unpad.

UNIID merupakan jejaring kerja sama antar perguruan tinggi se-Indonesia yang diinisiasi PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) Persero. Jejaring kerja sama ini dilakukan untuk menghimpun seluruh potensi perguruan tinggi dalam hal pengembangan infrastruktur.

Unpad tergabung sebagai anggota jejaring UNIID pasca penandatanganan Nota Kesepahaman dengan PT. PII, 2016 silam. Pada tahun ini, Unpad terpilih menjadi ketua umum meneruskan tongkat estafet dari Rektor Universitas Gadjah Mada sebagai pemegang jabatan ketua umum periode 2015-2018.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad Dr. Yudi Azis, yang mendampingi Rektor Unpad dalam simposium tersebut menyambut baik keputusan rapat anggota UNIID memilih Unpad sebagai ketua umum. Jabatan ini akan meningkatkan peran Unpad dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia.

“FEB Unpad sudah bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta PT. PII untuk pengembangan kurikulum konsentrasi pembiayaan infrastruktur, “ ujar Dr. Yudi.

Sementara itu, dalam Simposium yang digelar atas kerja sama PT. PII dengan Universitas Mulawarman ini diikuti sekira 150 peserta dari 28 perguruan tinggi anggota UNIID. Simposium ini menghadirkan Gubernur Kalimantan Timur Terpilih Dr.Ir. H. Isran Noor, M.Si., dan Direktur Utama PT. PII Armand Hermawan sebagai pembicara utama.

Selain menetapkan ketua umum UNIID, rapat anggota tersebut juga memutuskan agenda pelaksanaan rapat anggota berikutnya akan digelar di kota Bandung, awal 2019.*

Rilis/am