Dibutuhkan Inovasi dalam Menyelesaikan Permasalahan Kelautan dan Perikanan

[unpad.ac.id, 11/10/2018] Dalam rangka Dies Natalis ke-13, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Padjadjaran menggelar Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan 2018 di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur no. 35 Bandung, Kamis (11/10).

Direktur Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI Prof. Ocky Karna Radjasa saat menjadi pembicara kunci dalam Seminar Nasional Perikanan dan Kelautan 2018 di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur no. 35 Bandung, Kamis (11/10). (Foto: Tedi Yusup)*

Ketua pelaksana kegiatan Iis Rostini, S.Pi., M.Si., mengatakan, kegiatan digelar untuk berbagi informasi terkait hasil-hasil penelitian serta penerapannya dalam bidang ilmu perikanan dan kelautan. Jumlah peseta terdiri dari 112 pemakalah, yang berasal dari sejumlah perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan perusahaan swasta di Indonesia.

“Melaui kegiatan ini diharapkan dapat tercipta inovasi serta memenuhi kebutuhan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya di bidang perikanan dan ilmu kelautan,” harap Iis.

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus. Dalam sambutannya, Dr. Arry mengharapkan bahwa sivitas akademika Unpad dapat terus memegang teguh Pola Ilmiah Pokok Unpad “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup dalam Pembangunan Nasional”.

Terkait hal tersebut, Dr. Arry pun berharap bahwa pembahasan aspek perikanan dan kelautan bukan hanya tentang potensi sumber daya alam saja, tetapi juga mengenai regulasi dan keberlanjutan lingkungan hidup. Saat ini masih banyak permasalahan tekait kedua hal tersebut.

“Pada kesempatan ini seharusnya persoalan-persoalan ini harus bisa diangkat oleh kita bersama karena kita harus bisa menjaga warisan kita yang luar biasa,” ujar Dr. Arry.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Riset dan PKM Kemenristekdikti Prof. Ocky Karna Radjasa bertindak sebagai pembicara kunci, yang membahas mengenai kebijakan riset perikanan dan kelautan dalam mendukung daya saing nasional.

Dalam paparannya, Prof. Ocky mengungkapkan berbagai kebijakan pihaknya dalam meningkakan kualitas riset di Indonesia. Ia mengatakan, jika sebuah perguruan tinggi, termasuk Unpad ingin berkontribusi kuat dalam peningkatan daya saing bangsa, maka kualitas riset dan pengabdian pada masyarakat perlu terus ditingkatkan.

“Kalau Unpad ingin maju memberikan kontribusi sehingga meningkatkan daya saing bangsa, maka riset dan pengabdiannya harus diperkuat,” kata Prof. Ocky.

Prof. Ocky pun mengungkapkan bahwa  riset di bidang kemaritiman menjadi salah satu prioritas dalam Program Riset Nasional 2017-2019.

Selain Prof. Ocky, acara tersebut juga menghadirkan pembicara Kepala Balai Riset Observasi dan Laut Dr. I Nyoman Radiarta, Dekan FPIK Unpad Dr. Yudi Nurul Ihsan, dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar Ir. Jafar Ismail.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am