Gelar Seminar Internasional, Unpad Kenalkan Prodi Ilmu Keberlanjutan Sebagai Solusi Permasalahan Lingkungan

[unpad.ac.id, 9/10/2018] Untuk mendiseminasikan mengenai ilmu keberlanjutan (sustainability science) di Indonesia, Universitas Padjadjaran melalui Sekolah Pascasarjana dan Pusat Unggulan Lingkungan dan Ilmu Keberlanjutan menggelar 3rd Conference on Sustainability Science 2018 “Ecology and Sustainability Science: from Theory to Practice”, di Hotel Bidakara Grand Savoy Homann, Bandung, Selasa (9/10). Acara digelar sebagai salah satu peringatan Dies Natalis ke-61 Unpad.

Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian Pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Unpad Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt., saat membuka menggelar 3rd Conference on Sustainability Science 2018 “Ecology and Sustainability Science: from Theory to Practice”, di Hotel Bidakara Grand Savoy Homann, Bandung, Selasa (9/10). (Foto: Tedi Yusup)*

“Di negara kita, belum begitu banyak orang yang memahami tentang sustainability science. Unpad sendiri menjadi satu-satunya universitas di Indonesia yang membuka program studi sustainability science,” ungkap Ketua Program Studi Ilmu Keberlanjutan Unpad sekaligus Ketua Panitia acara tersebut Dr. Susanti Withaningsih, M.Si.

Kegiatan yang digelar atas kerja sama Unpad dengan the Greening of Industry Network (GIN) ini diikuti oleh 125 peserta dari 7 negara, meliputi akademisi, praktisi, dan pemerintah. Acara meliputi panel session dan parallel session yang digelar hingga Rabu (10/10).

Parallel session-nya untuk para peneliti yang ingin mempresentasikan hasil penelitiannya terkait Ekologi dan Ilmu Keberlanjutan dari berbagai tema,” ujar Dr. Susanti.

Adapun tema yang diangkat dalam presentasi para pembicara tersebut adalah Ecology, Conservation, Ecosystem Services; Ecology, Bio-economy and Circular Economy; Ecology, Business and Policy; Ecology, Governance and Policy; Ecology, Industry and Supply Chains; Ecology, Resilience, and Environmental Vulnerability; Ecology, Rural and Urban Development; Inclusive Education for Ecology and Sustainability Sciences; dan Social and Technological Innovations in Ecology and Sustainability Science

Lebih lanjut Dr. Susanti mengungkapkan bahwa dari makalah yang masuk, akan dipilih sejumlah makalah terbaik untuk dipublikasikan di jurnal terindeks Scopus: Cleaner Production;   Resources, Conservation, and Recycling, serta Bookchapter Greening of Industry Network Studies. Sementara makalah lainnya akan dipublikasikan di prosiding terindeks Scopus IOP Conference Series.

“Semoga semakin banyak orang mengetahui tentang sustainability science sebagai salah satu pendekatan dalam penelitian atau sebagai salah satu cabang ilmu baru, yang diharapkan bisa memecahkan permasalahan-permasalahan lingkungan yang terjadi saat ini,” harap Dr. Susanti.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian Pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Unpad Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt. Dalam sambutannya Dr. Keri mengharapkan bahwa konferensi ini akan menjadi media saling berbagi informasi dan menyebarluaskan hasil riset. Konferensi ini pun diharapkan akan memberi manfaat bagi masyarakat, termasuk sebagai masukan bagi pemerintah dalam menghasilkan kebijakan.

“Mudah-mudahan kita bisa mengembangkan kerja sama, tidak hanya berhenti sampai konferensi ini,” harap Dr. Keri.

Menurut Dr. Keri, ilmu keberlanjutan merupakan salah satu isu yang penting untuk dipahami, dimana diperlukan adanya kolaborasi interdipedensi dan transdisiplin melalui konsep Pentahelix. Unpad pun memiliki perhatian khusus mengenai konsep keberlanjutan. Berbagai penelitian di Unpad telah diarahkan pada konsep keberlanjutan, terutama untuk mendukung tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals /SDGs).

“Dapat dikatakan bahwa hari ini merupakan momentum penting bagi kita untuk mendiskusikan isu penting yang akan bermanfaat bagi generasi mendatang,” ujar Dr. Keri.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana