Nadine Chandrawinata Ajak Sivitas Akademika Unpad Jaga Kekayaan Alam Indonesia

[unpad.ac.id, 12/10/2018] Pesohor sekaligus aktivis lingkungan Nadine Chandrawinata mengajak sivitas akademika Universitas Padjadjaran untuk menjaga lingkungan dan kekayaan alam Indonesia. Hal tersebut ia sampaikan saat menjadi pembicara dalam acara Fish Fair “Save Sharks” yang digelar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad di Grha Sanusi Hardjadinata, Jalan Dipati Ukur No. 35 Bandung, Jumat (12/10).

Pesohor sekaligus aktivis lingkungan Nadine Chandrawinata menjadi pembicara dalam acara Fish Fair “Save Sharks” yang digelar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpad di Grha Sanusi Hardjadinata, Jalan Dipati Ukur No. 35 Bandung, Jumat (12/10). (Foto: Tedi Yusup)*

“Indonesia memiliki kekayaan alam tetapi kita suka lupa cara menjaganya,” ujar Nadine.

Ia pun mengapresiasi tren “Go Green” dan “Go Blue” anak muda masa kini. Diharapkan Nadine, aksi menjaga lingkungan bukan hanya sekadar mengikuti tren atau karena ingin dibilang keren, melainkan kesadaran yang betul-betul muncul dari diri sendiri.

Salah satu hal yang ditekankan Nadine pada kesempatan tersebut adalah mengenai aksi perlindungan hiu. Saat ini masih saja ada masyarakat yang mengonsumsi sirip ikan hiu. Bahkan beberapa waktu lalu hal ini sempat menjadi tren kuliner.

Padahal, keberadaan hiu di ekosistem laut sangatlah penting untuk menjaga keseimbangan alam. Jika hiu hilang, maka akan terjadi ketidakseimbangan yang juga akan turut membahayakan manusia.

“Untuk menjaga keseimbangan itu dibutuhkan suatu effort oleh kita, manusia,” ujar Putri Indonesia tahun 2005 ini.

Menurut Nadine, aksi penyelamatan hiu  tidak harus datang ke laut, tetapi juga dapat dilakukan di perkotaan. Aksi yang dapat dilakukan seperti komitmen untuk tidak menjadikan hiu sebagai makanan,mengurangi sampah plastik, serta turut menularkan aksi ini kepada lingkungan sekitar.

Dikatakan Nadine, aksi penyelamatan hiu sebaiknya bermula dari inisiatif dan komitmen diri sendiri,  kemudian melakukan pergerakan, hingga menjadi kebiasaan. Sosial media pun dapat menjadi media untuk turut menyebarluaskan aksi ini.

“Pergunakanlah sosial media dengan baik,” pesan Nadine.

Selain Nadine, hadir sebagai pembicara pada kesempatan tersebut adalah Bycatch and Sharks Conservation Coordinator WWF-Indonesia Dwi Ariyoyogagautama dan Wakil Dekan FPIK Unpad Dr. Isni Nurruhwati.

Acara yang digelar dalam rangka Dies Natalis ke-13 FPIK Unpad ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian Pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt.

“Semoga ini menjadi inspirasi bagi kita semua bagaimana menjaga keberlanjutan sumber daya alam di Indonesia dan dunia,” harap Dr. Keri.

Senada dengan Dr. Keri, Dekan FPIK Unpad Dr. sc. agr. Yudi Nurul Ihsan, S.Pi., M.Si berharap bahwa acara tersebut dapat menjadi inspirasi sekaligus dapat menunjukkan bahwa mahasiswa FPIK Unpad merupakan generasi milenial yang siap untuk membangun dunia perikanan dan kelautan di Indonesia.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am