“Techday”, Unpad dan Huawei Bagi Informasi Teknologi Terkini kepada Mahasiswa

unpad.ac.id, 10/10/2018] Perusahaan teknologi Huawei dan Universitas Padjadjaran kembali menggelar seminar “Techday” sebagai ajang berbagi informasi mengenai perkembangan teknologi informasi terkini. Tahun ini, Techday mengangkat tema “IoT and its Applications”, digelar di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Rabu (10/10).

Acara dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian Pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik Dr. Keri Lestari, S.Si., M.Si., Apt. Dalam sambutannya, Dr. Keri mengatakan bahwa kegiatan tersebut turut memberikan inspirasi bagi proses akademik di Unpad.

“Karena dengan ini maka kita mempunyai refreshment bagi sebuah perkembangan di bidang akademik,” ujar Dr. Keri.

Dr. Keri juga mengatakan bahwa dalam proses pendidikan, sangat penting adanya dorongan untuk melakukan inovasi dan interdependensi. Menurutnya, inovasi akan kokoh jika dilaksanakan bersama-sama secara multidisiplin.

Kepada mahasiswa, Dr. Keri juga mengajak untuk memaknai peryataan “I do” untuk berbuat yang terbaik bagi Indonesia. “I do” dapat dimulai dari berbuat yang terbaik untuk diri sendiri sebagai mahasiswa Unpad, sehingga kebaikan juga akan berdampak pada institusi.

Acara tersebut menghadirkan sejumlah pembicara yang merupakan pakar dan praktisi di bidang teknologi informasi, yaitu dosen Fakultas Matematika dan IPA Unpad Dr. Asep Sholahuddin, MT, Deputy Director National ICT Strategy & Business Development Huawei Indonesia Arri Marsenaldi, dan Senior Product & Development Smart System & Automation Division PT Alita Praya  Budi Hartono.

Pada kesempatan tersebut juga ditampilkan sejumlah inovasi mahasiswa Unpad dibidang teknologi informasi dan komunikasi, diantaranya Sistem Loker Penitipan Helm Otomatis berbasis RFID, Smart Tambak (Smart System based on Internet of Things Concept for Aquaculture), dan Pikuarium (pemanfaatan teknologi IoT pada akuarium menggunakan Raspberry pi).

Sementara itu, HR Director PT Huawei Tech Investmen, Ir. Dani K. Ristandi mengungkapkan bahwa TechDay 2018 merupakan salah satu bagian dari program Huawei SmartGen 2018. Dalam pelaksanaan SmartGen, Huawei bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, termasuk Unpad.

Diungkapkan Dani, Huawei SmartGen 2018 merupakan salah satu perwujudan komitmen kuat Huawei dalam mendukung pengembangan industri dan kontribusi terhadap dunia pendidikan di Indonesia dalam menyiapkan inovator-inovator masa depan.

Huawei SmartGen 2018 bertujuan untuk memberikan pelatihan dan sertifikasi standar industri kepada para mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan dan kompetensi yang dibutuhkan oleh industri.

“Program ini dirancang untuk membantu untuk mempersiapkan mahasiswa dalam meraih karir di industri ICT,” ujar Dani.

Pada penyelenggaran SmartGen yang menginjak tahun kedua ini, Huawei akan menggelar sejumlah kegiatan. Selain TechDay, juga dilaksanakan program sertifikasi Huawei Authorized Information Network Academy (HAINA), kompetisi nasional TIK,  program Seeds for The Future 2018, serta rekrutmen dan pemagangan di Huawei.

“Program ini kami harapkan dapat melahirkan pemimpin-pemimpin masa depan yang inovatif, berwawasan luas, serta memiliki kompetensi,” harap Dani.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am