Pusat Inkubasi Bisnis/Oorange Unpad Gelar “Innovation Expo 2018”

[unpad.ac.id, 5/11/2018] Pusat Inkubasi Bisnis (Oorange) Universitas Padjadjaran menggelar kegiatan “Innovation Expo 2018” yang digelar di halaman Unpad Training Center, Jalan Ir. H. Djuanda No. 4, Bandung, Minggu (4/11) hingga Selasa (6/11).

Ketua Pusat Inkubasi Bisnis (Oorange) Universitas Padjadjaran Diana Sari, M.Mgt., PhD, (kanan) sedang berbincang dengan para pelaku usaha dalam kegiatan “Innovation Expo 2018” yang digelar di halaman Unpad Training Center, Jalan Ir. H. Djuanda No. 4, Bandung, Minggu (4/11). (Foto: Tedi Yusup)*

Ketua Oorange Unpad Diana Sari, M.Mgt., PhD, menjelaskan, kegiatan ini merupakan ajang menampilkan beragam produk unggulan dari para inventor dan mitra binaan bisnis Oorange Unpad kepada masyarakat umum.

“(Selain itu), pameran ini sendiri tujuannya memperkenalkan Kawasan Sains dan Teknologi dan Pusat Inkubator Bisnis (Oorange) Unpad kepada masyarakat,” ujar Diana saat ditemui di sela kegiatan, Senin (5/11).

Sebanyak 12 pelaku usaha inkubasi Oorange dan 30 mitra binaan bisnis Oorange mengisi pameran ini. Selain mengenalkan produk hasil riset dan kewirausahaan, kegiatan ini juga berupaya membangun sinergi antar inventor maupun mitra bisnis. Sinergi ini diharapkan meningkatkan kekuatan Unpad dalam mendukung pencapaian sebagai enterpreneurial university.

Lebih lanjut Diana mengatakan, kegiatan “Innovation Expo” ini juga diisi dengan sejumlah kegiatan, di antaranya gelar wicara (talk show) terkait pengelolaan keberlanjutan bisnis rintisan (start up), sesi berbagi dengan sejumlah pelaku bisnis ternama, pertemuan dengan investor dan pelaku ventura, serta sejumlah hiburan.

Dengan digelar di ruang terbuka, diharapkan dapat memudahkan akses masyarakat terhadap pameran. “Intinya, kita ingin perkenalkan kepada masyarakat bahwa kita punya produk hilirisasi riset. Tentu saja dari riset itu ada treatment tertentu sebelum masuk inkubasi,” kata Diana.

Proses inkubasi bisnis di Oorange sendiri meliputi prainkubasi, seleksi, inkubasi, dan pascainkubasi. Pada proses inkubasi, para pelaku usaha diberikan berbagai macam pelatihan pengelolaan keuangan, pemasaran digital, hingga pengelolaan bisnis keberlanjutan. Pihaknya juga menyediakan ruang mentoring bagi para pelaku usaha.

Oorange Unpad juga memfasilitasi pembiayaan bagi pelaku usaha. Saat ini, kata Diana, pihaknya menyediakan sejumlah pembiayaan dari Unpad, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, hingga dari para mitra Oorange.

Kegiatan “Innovation Expo” ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang digelar Kawasan Sains dan Teknologi Unpad di gedung Unpad Training Center. Acara lainnya meliputi seminar internasional “The Padjadjaran International Conference on Science & Technology Parks and Incubators in Innovation Ecosystems”, dan Lokakarya Nasional “Peran Ekosistem Inovasi dalam Mempromosikan Transfer Teknologi dan Inovasi”.*

Laporan oleh Arief Maulana