Seluruh Elemen Unpad Siap Hadapi Akreditasi Institusi

[unpad.ac.id, 30/11/2018] Universitas Padjadjaran akan didatangi tim asesor untuk proses Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT), 4 – 6 Desember mendatang. Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad mengatakan, proses reakreditasi ini diharapkan menggugah semangat kebersamaan warga Unpad.

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad. (Foto: Tedi Yusup)*

“Ini momentum bagus. Momentum lima tahunan yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan masukan dari pihak lain (eksternal reviewer),” ujar Rektor saat diwawancarai Humas Unpad di ruang kerjanya, Jumat (30/11).

Konteks penting dari proses reakreditasi ini adalah peningkatan mutu. Unpad sendiri telah berkomitmen meningkatkan mutu institusi secara berkelanjutan. Ini berarti upaya peningkatan mutu tidak hanya dilakukan saat momentum menghadapi akreditasi saja.

“Akreditasi ini bukan satu titik akhir, tetapi proses berkelanjutan,” tegasnya.

Untuk itu, kesadaran mengembangkan mutu harus menjadi bagian integral bagi seluruh warga Unpad maupun pemangku kepentingan. Dengan sikap ini, warga Unpad jauh lebih siap menghadapi proses akreditasi. Ini terlihat dari atmosfer warga Unpad dalam menyiapkan segala hal terkait AIPT saat ini.

Rektor mengatakan, persiapan AIPT Unpad sudah dilakukan sejak 2017. Pada Juli lalu, borang akreditasi Unpad telah diajukan ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Proses AIPT kali ini merupakan momentum pertama yang dilakukan Unpad pasca ditetapkan sebagai PTN Badan Hukum. Menurut Rektor, beberapa standar PTN Badan Hukum harus melebihi standar yang ditetapkan dalam borang akreditasi.

Maka dengan proses reakreditasi ini, Unpad tidak semata mengejar perolehan peringkat “A” sebagai syarat mutlak peringkat akreditasi PTN Badan Hukum. Selain mengejar peringkat akreditasi internasional, Rektor mengatakan, peningkatan mutu berkelanjutan ini luaran utamanya adalah mampu memberikan manfaat bagi masyarakat.*

Laporan oleh Arief Maulana