Sofah D. Aristiawan Angkat Ramahnya Agama Lewat Tulisan

[unpad.ac.id, 8/11/2018] Mahasiswa Administrasi Publik Universitas Padjadjaran, Sofah D. Aristiawan, meraih juara satu dalam “Kompetisi Milenial Islami” untuk kategori esai yang diselenggarakan Milenial Islami, Convey Indonesia, PPIM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan UNDP di Wisma Hijau, Depok, 11 – 14 Oktober lalu.

Mahasiswa Administrasi Publik Universitas Padjadjaran Sofah D. Aristiawan (kedua dari kiri), meraih juara satu dalam “Kompetisi Milenial Islami” untuk kategori esai yang diselenggarakan Milenial Islami, Convey Indonesia, PPIM UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan UNDP di Wisma Hijau, Depok, 11 – 14 Oktober lalu.*

Esai dengan judul “Iman yang Selalu Tersenyum” ini berhasil menyisihkan sekitar 2.471 karya yang masuk. Dalam tulisannya, Sofah mengajak pembaca untuk menampilkan agama dengan wajah yang ramah, bukan penuh amarah.

Dalam rilis yang diterima Humas Unpad, Sofah bercerita bahwa tulisannya dilatarbelakangi oleh sejumlah fenomena maraknya sikap kekerasan dan amarah dengan mengatasnamakan agama. “Agama yang dipakasa selalu memakai kacamata hukum (nomos/law oriented religion), ketimbang cinta (eros/love oriented religion),” tulis Sofah.

Dalam kompetisi ini, Sofah melewati berbagai tahap seleksi. Dari 2.471 karya yang masuk, mulai dari esai, vlog, animasi, komik, video pendek, dan foto, terpilih 90 finalis yang lolos ke tahap selanjutnya. Untuk kategori esai, terpilih 20 finalis yang siap mengikuti tahap selanjutnya.

Lolos di tahap pertama, Sofah kemudian mengikuti lokakarya terkait kebangsaan dan keagamaan serta lokakarya pembuatan konten kreatif di Wisma Hijau. Selain itu, setiap finalis juga wajib mempresentasikan karya tulisnya sebelum dewan juri memutuskan pemenangnya.

Adapun juara dua untuk kategori esai sendiri dimenangkan peserta dari Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi Profesi Indonesia, sedangkan juara tiga diraih mahasiswa dari Universitas Hasanuddin.*

Rilis/am