[unpad.ac.id, 29/11/2018] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad menandatangani Nota Kesepahaman dengan Rektor Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Prof. Dr. Mhd. Asaad, Ir., M.Si., di ruang Executive Lounge Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Kamis (29/11).

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad dan Rektor Universitas Islam Sumatera Utara Prof. Dr. Mhd. Asaad, Ir., M.Si., menandatangani Nota Kesepahaman antara Unpad dan UISU dalam pertemuan yang digelar di ruang Executive Lounge Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Kamis (29/11). (Foto: Tedi Yusup)*

Penandatanganan ini merupakan langkah awal kerja sama antara Unpad dan UISU. Prof. Asaad mengatakan, salah satu rencana kerja sama yang akan dilakukan adalah pengiriman staf UISU untuk studi lanjut di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unpad.

Prof. Asaad melanjutkan, meski baru sekarang kerja sama ini dilegalkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman, kerja sama dengan Unpad sudah pernah dilakukan. Tercatat, pada 1965 silam, banyak sarjana muda Fakultas Ekonomi dan FISIP UISU yang melanjutkan studi di Unpad.

“Kita ingin kembali melanjutkan sejarah kerja sama itu,” kata Prof. Asaad.

Rencana kerja sama ini ditanggapi positif oleh Rektor. Kolaborasi merupakan upaya terpenting yang harus dilakukan perguruan tinggi saat ini guna meningkatkan kualitas. “Saya kira potensi perguruan tinggi yang secara kultural berusia cukup panjang, harus ditingkatkan lagi mutunya,” kata Rektor.

Untuk itu, selain penguatan kapasitas sumber daya manusia, kerja sama Unpad dan UISU juga harus ditingkatkan di sektor lainnya. Kerja sama riset menjadi salah satu sektor yang dilirik oleh Unpad.

Rektor menjelaskan, beragam potensi kewilayahan di Sumatera Utara harus menjadi obyek riset yang baik. Sebagai contoh, Sumatera Utara memiliki komoditas potensial kelapa sawit. Potensi ini dapat menjadi bahan kolaborasi riset antara Unpad dan UISU.

“Risetnya bukan untuk kebutuhan publikasi saja. Tetapi risetnya mampu menjawab kebutuhan pengembangan daerah,” kata Rektor.

Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut juga dihadiri Direktur Kerja Sama dan Korporasi Akademik Unpad Prof. Budi Setiabudiawan dan Dekan FISIP Unpad Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata.*

Laporan oleh Arief Maulana

Share this: