Unpad Jalin Kerja Sama dengan Badan Karantina Pertanian RI

[unpad.ac.id, 26/11/2018] Universitas Padjadjaran dan Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementerian Pertanian RI menjalin kerja sama terkait pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan pengembangan sumber daya manusia.

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Tri Hanggono Achmad bersama Kepala Badan Karantina Pertanian RI Ir. Banun Harpini, MSc., usai menandatangani Nota Kesepahaman yang digelar di di Ruang Rektor, Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Senin (26/11). (Foto: Tedi Yusup)*

Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad dengan Kepala Badan Karantina Pertanian Ir. Banun Harpini, MSc di Ruang Rektor, Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor, Senin (26/11).

“Banyak hal yang bisa kita bangun bersama. Akan baik jika kita antisipatif terhadap tantangan yang ada di depan. Di sisi lain, mesti kuat juga kita pelajari karakter dari generasi milenial,” ujar Rektor.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama oleh Dekan Fakultas Pertanian Unpad Dr. Ir. H. Sudarjat, M.P. dengan Kepala Pusat Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati Barantan Dr. Ir. Antarjo Dikin, M.Sc., tentang Pendidikan dan Penelitian Bidang Karantina Tumbuhan dan Keamanan Hayati Nabati.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama juga dilakukan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unpad Dr. med. Setiawan, dr., dengan Kepala Pusat Karantina Hewan dan Keamanan Hayati Barantan Drh. Agus Sunanto, MP tentang pendidikan dan penelitian bidang karantina hewan dan keamanan hayati hewani.

“Kerja sama antara lain dilakukan untuk capacity building, pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan, juga termasuk bagaimana kita sinergi memanfaatkan resources secara baik,” ujar Banun.

Selain pembahasan kerja sama, kunjungan Kepala Badan Karantina Pertanian ke Unpad juga untuk memberikan kuliah umum mengenai “Peran Badan Karantina Pertanian dalam Food Security” kepada sejumlah mahasiswa Unpad. Kuliah umum dilakukan di Bale Sawala, Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinangor.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am