IAAS LC Unpad Raih Penghargaan di Kongres Nasional IAAS Indonesia

[unpad.ac.id, 11/2/2019] Delegasi International Association of Students in Agricultural and Related Sciences (IAAS) Local Committee (LC) Universitas Padjadjaran kembali meraih sejumlah penghargaan di Kongres Nasional IAAS Indonesia. Tahun ini, kongres digelar di Universitas Brawijaya, Malang, 26-29 Januari 2019 lalu.

Delegasi International Association of Students in Agricultural and Related Sciences (IAAS) Local Committee (LC) Universitas Padjadjaran dalam Kongres Nasional IAAS Indonesia di Universitas Brawijaya, Malang, 26-29 Januari 2019 lalu.*

Penghargaan diraih oleh Sarah Rauzana  (Keperawatan Unpad 2015) sebagai Deputi Local Director Terbaik, Fitri Hajar Purnama (Kesejahteraan Sosial 2016) sebagai Koordinator Departemen HRD Terbaik, dan M. Lutfi Alby (Perikanan 2015) sebagai Koordinator Departemen Project Terbaik. Selain itu  IAAS LC juga Unpad dinobatkan sebagai juara terbaik dalam perlombaan snapfood battle yang diadakan oleh IAAS Indonesia.

Pada kongres nasional ke-24 IAAS tersebut, delegasi IAAS LC Unpad kembali mengenalkan produk pangan olahan terung hasil potensi lokal dari Desa Genteng, Kecamatan Sukasari, Sumedang yang bernama “Citrong”.

Produk ini dikembangkan atas dasar adanya permasalahan penjualan terung di desa tersebut. Produksi dan distribusi Citrong saat ini sudah sampai ke beberapa wilayah, mulai dari Jatinangor, Bandung, Yogyakarta, Mataram hingga ke mancanegara, terutama Belanda yang dibawa oleh alumni IAAS LC Unpad.

Tahun ini Citrong kembali dipromosikan dan diperkenalkan pada Village Concept Project (VCP) Exhibition. Pada ajang ini, setiap LC di Indonesia melaporkan dan menjelaskan hasil kegiatan mereka di desa binaan masing-masing.

Selain VCP Exhibition, dalam IAAS Indonesia National Congress XXIV juga dilaksanakan workshop bertema “Expanding Opportunities for Youth Agripreneur”, laporan perkembangan dari setiap LC, pembahasan Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga, Laporan Pertanggungjawaban National Committee (NC) dan Control Council National Committee (CCNC) 2018/2019, serta pemilihan dan pelantikan NC dan CCNC 2019/2020.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 14 delegasi IAAS LC Unpad yang terdiri dari Rahadian Nur Prathama (Agroteknologi 2015), Tri Wahyu Melani (Psikologi 2015), Mela Tiara Cahaya (Agribisnis 2016), Novi Arni Nurmades (Agroteknologi 2016), Nabila Nur Amalina (Teknologi Pangan 2016), Hanna Alynda (Agribisnis 2016), Arini Zahra Azhari (Agroteknologi 2017), Fitriansyah Putra (Agroteknologi 2017), Hanna Bella (Agroteknologi 2017), Ahmad Fauzan (Agribisnis 2017), Tangkas Wicaksono (Kesejahteraan Sosial 2017), M. Alif Darmawan (Agroteknologi 2017), Ilham Fajar Ardiansyah (Agroteknologi 2017), Jessica Olivia (Agroteknologi 2017).

Berdasarkan hasil musyawarah para anggota IAAS dari delapan LC, ditetapkan enam pengurus baru IAAS Indonesia periode 2019/2020. Dalam kepengurusan baru tersebut terpilih Rahadian Nur Prathama (Agroteknologi Unpad 2015) sebagai National Director IAAS Indonesia dan Tri Wahyu Melani (Psikologi Unpad 2015) sebagai Control Council National Committee.

Selain itu, Universitas Padjadjaran juga terpilih menjadi tuan rumah Nasional Kongres selanjutnya yang akan berlangsung pada tahun 2020.*

Rilis: IAAS LC Unpad/art