Kuota Penerimaan Lewat SNMPTN Dikurangi

[unpad.ac.id, 6/2/2019] Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) sudah dibuka pada 4 Februari hingga 14 Februari 2019. Universitas Padjadjaran mengalokasikan daya tampung untuk jalur SNMPTN sebesar 1.504 atau sekitar 25% dari total daya tampung mahasiswa baru Sarjana reguler 2019/2020.

Logo Unpad.*

Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad mengatakan, pengurangan daya tampung mahasiswa baru pada jalur SNMPTN merupakan ketentuan dari seleksi penerimaan mahasiswa baru PTN 2019, yaitu minimal 20% dari kuota daya tampung setiap program studi di PTN. Pengurangan ini didasarkan pada beberapa pertimbangan serta perbedaan proses seleksi yang ditetapkan Kemenristekdikti.

Dalam Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru di SMKN 3 Bogor, Senin (6/2), Rektor menjelaskan, berdasarkan hasil evaluasi, relevansi dari tingkat kapasitas mahasiswa yang diterima melalui jalur SNMPTN tidak sejalan dengan target performa yang diajukan perguruan tinggi.

Karena sistem SNMPTN didasarkan pada nilai rapor, maka siswa dengan dorongan guru sekolah diprioritaskan untuk mendaftar lewat jalur tersebut. Padahal belum tentu bidang yang ditempuh sama dengan passion atau bakat minat siswanya. Ini berpengaruh pada tingkat keberhasilannya dalam menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

“Dalam 2-3 tahun terakhir kami sudah memperhatikan, prestasi anak di perguruan tinggi menentukan indeks sekolah untuk siswa berikutnya diterima atau tidak di jalur SNMPTN,” jelas Rektor.

Siswa perlu memperhitungkan dengan baik bidang keilmuan yang dipilih jika ingin mendaftar lewat jalur SNMPTN. Ini bertujuan agar program studi maupun PTN yang dipilih sesuai dengan minat bakat siswa.

Terkait pendaftaran SNMPTN, tidak semua program studi di Unpad membuka penerimaan lewat jalur ini. Program studi Bisnis Digital dan Ilmu Aktuari tidak bisa dipilih lewat jalur SMPTN. Selain itu, program studi pada Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) juga tidak bisa dipilih lewat jalur SNMPTN.

Pendaftaran SNMPTN dilakukan pada laman web.snmptn.ac.id. Syarat utama peserta bisa mendaftar SNMPTN adalah sudah menyelesaikan pengisian dan verifikasi Pangkalan Data Siswa dan Sekolah dan masuk dalam sistem pemeringkatan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Selanjutnya, peserta memilih paling banyak 2 program studi dalam 1 PTN atau masing-masing 1 prodi dalam 2 PTN. Bagi peserta yang memilih program studi olahraga atau seni wajib melampirkan portofolio. Pengumuman SNMPTN dibuka pada tanggal 23 Maret 2019.*

Laporan oleh Arief Maulana