[unpad.ac.is, 14/2/2019] Sebelas mahasiswa Universitas Padjadjaran terpilih untuk mengikuti “Global Goals Summit 2019” yang digelar Studec International bekerja sama dengan YouthNow di Kuala Lumpur, Malaysia, 20-22 Januari 2019. Dalam kegiatan tersebut, para peserta dinobatkan sebagai Global Action Ambassador untuk menyebarkan semangat pencapaian SDGs di masing-masing komunitas dan negara.

Mahasiswa Universitas Padjadjaran dinobatkan sebagai Global Action Ambassador dalam acara “Global Goals Summit 2019” yang digelar Studec International bekerja sama dengan YouthNow di Kuala Lumpur, Malaysia, 20-22 Januari 2019 lalu.*

Para mahasiswa Unpad tersebut adalah Tisa Layalia Hanifah Ma’ruf (Kebidanan), Mia Helmiyani (Jurnalistik). Afidah Aini (Sastra Arab), Ismiatun (Farmasi), Qurrata Aini (Agroteknologi), Enjang Mutaqin (Administrasi publik), M. Farhanun Nadza (Agribisnis), Najmy Adilla Syafruddin (Sastra Sunda), Alif Abdurrafi Muliawan (Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan), Doni Irfan (Sastra Arab), dan Azzam Fauzan badurrahman (Sastra Arab).

“Semoga kesebelas duta ini dapat berkontribusi aktif di Unpad. Predikat “Global Action Ambassador” juga merupakan amanah yang besar dan harus ada implementasi terhadap masyarakat, terutama di sekitar kita,” ujar Tisa saat ditemui di Ruang Kantor Komunikasi Publik Unpad, Rabu (13/2).

Keikutsertaan mereka pada kompetisi tersebut dimulai dari pengiriman personal statement mengenai pemahaman dan perhatian mereka terhadap SDGs. Diungkapkan Tisa, berbegai materi mengenai SDGs di perkuliahan, terutama saat Tahapan Persiapan Bersama (TPB) Unpad sangat membantunya dalam menuliskan personal statement tersebut.

“Waktu semester satu kami diberi materi tentang SDGs ‘kan, jadi kami punya pemahaman yang cukup untuk dijadikan personal statement,” ungkap Tisa.

Secara keseluruhan, Global Goals Summit 2019 diikuti oleh 127 peserta dari 24 negara. Selain konferensi yang menghadirkan sejumlah pembicara mengenai SDGs, juga digelar diskusi terbatas dimana peserta dibagi dalam sejumlah kelompok untuk membahas persoalan di suatu negara. Di sini, para peserta dituntut berpikir kritis mengenai permasalahan dan solusinya. Hasil diskusi kemudian dipresentasikan di hadapan seluruh peserta.

Kelompok salah seorang mahasiswa Unpad, Qurrata Aini, terpilih menjadi first runner up up grup presentation. Qurrata Aini dan kelompoknya meraih penghargaan tersebut setelah memaparkan permasalahan yang di Suriah.

Selain terlibat sebagai peserta, sejumlah mahasiswa Unpad juga mengisi Grand Opening acara tersebut dengan menampilkan tari Ratoeh Jaroe. Para mahasiswa tersebut terdiri dari berbagai  fakultas, dan diantaranya juga bertindak sebagai peserta Global Goals Summit 2019.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

 

Share this: