Unpad Jadi Percontohan Pelaksanaan Pembelajaran Transformatif Kewirausahaan

[unpad.ac.id, 7/2/2019] Universitas Padjadjaran menjadi perguruan tinggi percontohan pertama yang akan menyelenggarakan program pembelajaran transformatif kewirausahaan dalam berbagai bidang. Program ini merupakan implementasi kerja sama antara Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI dan United States Agency for International Development (USAID).

Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Wawan Hermawan, M.S., dalam Training of Trainers (TOT) Modul KKN Kewirausahaan yang digelar USAID Mitra Kunci Initiative di Hotel Harris Bandung, Selasa (5/2) lalu.*

Penetapan Unpad sebagai PTN percontohan pertama diputuskan dalam acara Training of Trainers (TOT) Modul KKN Kewirausahaan yang digelar USAID Mitra Kunci Initiative di Hotel Harris Bandung, Selasa (5/2) lalu. Dalam acara tersebut, Unpad diwakili Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Wawan Hermawan, M.S.

Sebagai kampus percontohan, Unpad akan mengintegrasikan kewirausahaan ke dalam Program Layanan Mahasiswa. Integrasi kewirausahaan ini dimasukkan ke dalam empat modul pelatihan.

Dalam rilis yang diterima Kantor Komunikasi Publik Unpad, empat modul pelatihan tersebut meliputi: modul untul layanan siswa, kewirausahaan untuk universitas, pengembangan pusat karier, serta kewirausahaan untuk siswa miskin dan rentan.

Khusus untuk KKN Kewirausahaan, program ini diharapkan menjadi tonggak penggerak kemajuan di daerah sekaligus menghilangkan paradigma bahwa KKN hanya sekadar belajar di desa. Di sisi lain, mahasiswa didorong untuk kembali ke desa untuk membangun dari sektor kewirausahaannya.

Sebagai mitra kunci, Unpad akan mengujicobakan empat modul tersebut. Hasil dari ujicoba ini akan dievaluasi terlebih dahulu sebelum diaplikasikan ke perguruan tinggi lainnya.

Acara TOT ini diikuti 57 perguruan tinggi se-Indonesia. Dalam acara itu, perguruan tinggi terlibat dalam pengembangan dan peninjauan empat modul transformatif tersebut.*

Rilis/am