Sebanyak 18 Mahasiswa Ikuti Seleksi Pilmapres Tingkat Perguruan Tinggi

[unpad.ac.id, 13/3/2019] Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Padjadjaran mengikuti Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat perguruan tinggi yang dilaksanakan di Gedung Rektorat Unpad kampus Jatinango mulai Rabu (13/3). Delapan belas mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa terpiih yang telah melalui penjaringan Pilmapres tingkat fakutas.

Suasana seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat perguruan tinggi yang digelar di gedung Rektorat Unpad, kampus Jatinangor, Rabu (13/3). (Foto: Tedi Yusup)*

“Mereka terdiri dari 16 peserta Sarjana dan 2 peserta Diploma,” ungkap  Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Wawan Hermawan, M.S., saat ditemui di sela pelaksanaan seleksi.

Diungkapkan Prof. Wawan, proses seleksi yang dilakukan akan mengacu pada seleksi tingkat nasional. Adapun kriteria penilaian diantaranya dilihat dari Indeks Prestasi Kumulatif, karya tulis ilmiah, prestasi atau capaian yang diunggulkan, bahasa asing, dan kepribadian.

Lebih lanjut Prof. Wawan mengungkapkan bahwa sosialisasi dan seleksi Pilmapres tingkat fakultas telah dilakukan selama dua bulan. Proses pemilihan di tingkat fakultas diserahkan sepenuhnya ke pihak fakultas untuk mendapatkan mahasiswa terbaik, baik dari segi keterampilan teknis (hardskill) maupun keterampilan nonteknis (softskill).

Selain itu, proses pemilihan juga melibatkan BEM Kema Unpad untuk memberikan masukan dan mendorong mahasiswa untuk ikut berkompetisi dalam Pilmapres.

“Diharapkan dengan adanya keterlibatan BEM juga membantu dalam proses pencarian bakat di Pilmapres ini,” ujar Prof. Wawan.

Seleksi perguruan tinggi akan dilakukan dalam dua tahap. Pada tahap pertama akan terpilih tiga peserta terbaik untuk mengikuti pembekalan dan mengikuti seleksi Tahap II. Selanjutnya, pada seleksi tahap II, satu mahasiswa terbaik akan dipilih mewakili Unpad untuk bertanding di tingkat nasional.

Prof. Wawan pun berharap tahun ini mahasiwa Unpad akan mendapatkan medali atau setidaknya menjadi tiga besar di Pilmapres tingkat nasional. Tahun lalu Unpad berada di posisi keempat di Pilmapres tingkat nasional.

“Mudah-mudahan dengan segala jerih payah yang sekarang kita berharap Unpad masuk lagi ke tingkat nasional. Harapannya Unpad mendapatkan medali,” harap Prof. Wawan.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am