Sebanyak 25 Tenaga Kependidikan Unpad Ikuti Pelatihan Pelayanan Prima Kerja Sama dengan BCA

[Unpad.ac.id, 11/4/2019]  Sebanyak 25 tenaga kependidikan Universitas Padjadjaran mengikuti Pelatihan Pelayanan Prima Batch I yang digelar atas kerja sama Unpad dengan BCA di Hotel Papadanyan, Jl.Gatot Subroto No. 83, Bandung, 8-9 April 2019.

Suasana Pelatihan Pelayanan Prima Batch I yang digelar atas kerja sama Unpad dengan BCA di Hotel Papadanyan, Jl.Gatot Subroto No.83, Bandung, 8-9 April 2019.*

Dalam sambutannya, Kepala Pendukung Operasi Wilayah I BCA Hendri Darmin mengatakan bahwa BCA ingin berkerjasama dengan perguruan tinggi melalui program pengembangan dan peningkatan mutu SDM. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi SDM Unpad untuk memiliki service skills yang profesional.

“BCA berkeyakinan bahwa kenyamanan pelanggan/stakeholder adalah elemen yang sangat penting, untuk itu diperlukan pengetahuan dan pemahaman oleh SDM  mengenai service quality, dengan contoh-contoh nyata yang dapat dimodifikasi, ditiru, dan diimplementasikan di lingkungan kampus baik dibidang internal dan eksternal,” ujarnya.

Kegiatan tersebut digelar atas kepedulian BCA terhadap pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia bagi perguruan tinggi. Setelah pelatihan Batch I, akan digelar pelatihan Batch II pada 15-16 April 2019 dengan peserta dari Unpad dan ITB.

Pelatihan pelayanan prima (service excellent) ditujukan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai bagaimana memperlakukan konsumen/stakeholder sehingga merasa puas dan terjalin hubungan jangka panjang. Keterampilan hubungan personal dan memahami aspirasi konsumen (stakeholder) menjadi pusat dari perhatian pelayanan prima ini. Termasuk didalamnya bagaimana memperlakukan stakeholder yang kecewa terladap layanan yang telah diberikan.

Sementara itu Direktur Tata Kelola dan Komunikasi Publik Unpad Aulia Iskandarsyah, M.Psi., M.Sc., PhD., sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan yang diinisiasi oleh BCA ini. Aulia berharap melalui pelatihan ini dapat tercipta kolaborasi dalam sektor pelayanan dan tata kelola. Kolaborasi ini pun diharapkan dapat menjadikan Unpad memiliki standar yang sama dalam pelayanan publik.

“Jadikan pelatihan ini untuk lebih mengasah diri, mempunyai kemampuan yang lebih tajam dari sebelumnya, bagaimana layanan yang diberikan harus sampai kepada problem solving.. Setelah pelatihan berikan rekomendasi kepada institusi apa yang bisa harus diperbaiki dan diimplementasikan untuk kemajuan lembaga,” pesan Aulia kepada para peserta.

Pelatihan Batch I tersebut diikuti oleh sejumlah staf Unpad dari Direktorat Tata Kelola dan Komunikasi Publik, Direktorat Perencanaan dan Sistem Informasi, Direktorat Pendidikan dan Kemahasiswaan, dan Direktorat Keuangan dan Logistik.

Pelatihan berjalan sangat interaktif dan para peserta sangat antusias mendapatkan bekal ilmu tentang Service Quality dari Direktur Layanan Prima Indonesia Rizal Badudu. Materi yang didapatkan peserta antara lain mengenai Service Mindset, Service Concepts, Service Skills), Service Culture Development, dan Service Motivation. Di akhir kegiatan para peserta mendapatkan buku berjudul “Service Excellence” karya Rizal Badudu.*

Rilis: Wati Sukmawati/art