[unpad.ac.id, 22/5/2019] Dewan Profesor Universitas Padjadjaran menggelar acara bedah buku di Ruang Serba Guna Gedung 2 Lantai 4, kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35 Bandung, Rabu (22/5). Sebanyak 12 buku karya guru besar Unpad dibahas pada acara tersebut.

Dewan Profesor Universitas Padjadjaran menggelar acara bedah buku di Ruang Serba Guna Gedung 2 Lantai 4, kampus Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35 Bandung, Rabu (22/5). Sebanyak 12 buku karya guru besar Unpad dibahas pada acara tersebut. (Foto: Tedi Yusup)*

Ketua Dewan Profesor Prof. Dr. Sutyastie Soemitro Remi, S.E., M.S., berharap dengan digelarnya kegiatan bedah buku, ada berbagai masukan yang didapat sehingga semakin menggelorakan semangat para guru besar dalam menulis buku.

“Jadi kita semakin bergairah untuk memproduksi buku, selain juga jurnal,” ujar Prof. Sutyastie.

Kegiatan bedah buku guru besar pun diharapkan dapat rutin dilakukan. Selain bedah buku, Prof. Sutyastie juga berharap di masa yang akan datang dapat dibahas berbagai karya guru besar Unpad yang dimuat di jurnal ilmiah.

Acara dibagi menjadi tiga sesi. Setiap sesi dilakukan pemaparan oleh penulis masing-masing buku dan dilanjutkan dengan pemaparan dari para pembedah buku.

Buku-buku tersebut yaitu “Sistem Informasi Geografis” karya Prof. Dr. Ir. Hj. Nurpilihan Bafdal, M.Sc., dan pembahas Dr. Ir. Zulfialdi Zakaria, M.T.; “Teknologi dan Manajemen Irigasi” karya Prof. Dr. Ir. Hj. Nurpilihan Bafdal, M.Sc. dan pembahas Prof. Dr. Ir. Benny Joy, MS.; “Pengelolaan Perioperatif: Cedera Otak Traumatik” karya Prof. Dr. dr. Tatang Bisri, Sp. An (K). dan Dr. Dewi Yulianti Bisri, Sp.An dan pembahas Prof. Dr. dr. Cissy Rachnia SudjanaPrawira, M.Sc., Sp.AK., Ph.D.; serta “Anastesi untuk Operasi Tumor Otak: Supratentorial Infratentorial” karya Prof. Dr. dr. Tatang Bisri, Sp. An (K), dan Dr. Dewi Yulianti Bisri, Sp.An dan pembahas Prof. drg. Soenardi Widyaputra, MS., Ph.D.

Selanjutnya, “Urgensi Lintasan Baru dalam Pengelolaan Sumber Daya Mineral” yang ditulis oleh Prof. Dr. Ir. Edy Sunardi, M.Sc. dan Prof. Dr. Ir. Adjat Sudradjat, M.Sc., serta pembahas Prof. Dr. An-an Chandrawulan, S.H., LL.M.; “Penerapan GSTAT berbasis R untuk Geostatistika dengan Pendekatan Spasial Data Mining” yang ditulis oleh Prof. Dr. Budi Nurani Ruchjana, M.,S dan pembahas Prof. Dr. Hendarmawan, Ir., M.Sc.; “Landasan Teori Turbidit dan Aplikasinya” yang ditulis oleh Prof. Dr. Ir. Adjat Sudradjat, M.Sc. dan Dr. Eng. Budi Muljana,  S.T., M.T., dan pembahas Prof. Dr. Ir. H. Nana Sulaksana, MSP; serta “Etnobiologi, Etnoekologi, dan Pembangunan Berkelanjutan yang ditulis oleh Prof. Dr. Johan Iskandar, M.Sc.., dan pembahas Prof. Dr. Drs. H. Opan Suhendi Suwartapradja, M.Si.

Buku lainnya, “Jewer Kotok, Plectranthus Sentellarioides, dari Etnofarmasi menjadi Sediaan Fitofarmasi” dengan penulis Prof. Dr. Drs. Moelyono M, MS., Apt., dan pembahas Prof. Dr. Anas Subarnas, M.Sc., Apt.; “Ekonomi Kependudukan: Teori dan Kebijakan” dengan penulis Prof. Dr. Sutyastie Soemitro Remi, S.E., M.S. dan Dr. Ferry Hadiyanto, SE., MA dan pembahas Prof. Dr. Ir. Ganjar Kurnia, DEA; “Manggis: Kegunaan, Budidaya, Agribisnis, dan Pengolahan” dengan penulis Prof. Dr. Ir. Warid Ali Qosim, M.P., dan pembahas Prof. Muchtaridi, S.Si., M.Si., Apt., PhD.; serta “Hukum Pemerintahan” dengan penulis Prof. Dr. Nandang Alamsah Deliarnoor, SH., M. Hum dan pembahas Prof. Dr. Drs. Utang Suwaryo, M.A.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

Share this: