Dukung Pembelajaran, Sejumlah Alumni Hibahkan 8 Laptop untuk Mahasiswa Unpad

[unpad.ac.id, 22/5/2019] Di bulan Ramadan ini, sejumlah alumni Universitas Padjadjaran memberikan laptop untuk digunakan oleh para adik kelasnya. Pemberian laptop ini merupakan implementasi dari program “Laptop untuk Kawan” yang digagas oleh sejumlah dosen Unpad.

Perwakilan alumni Universitas Padjadjaran memberikan 8 laptop yang secara simbolis diterima oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unpad Dr. Edy Suryadi, Ir., M.T., di ula Dekanat Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unpad, Selasa (21/5) lalu.

Penyerahan laptop dilaksanakan di Aula Dekanat Fakultas Teknologi Industri Pertanian Unpad, Selasa (21/5) lalu. Sebanyak 8 unit laptop senilai Rp 30 juta diberikan oleh enam orang lulusan baru Unpad yang mewakili usaha-usaha rintisan (start up). Laptop ini diberikan kepada 8 mahasiswa di lingkungan Unpad.

Dekan FTIP Unpad Dr. Edy Suryadi, Ir., M.T., mengapresiasi program “Laptop untuk Kawan” ini. “Laptop merupakan salah satu sarana yang sangat penting bagi mahasiswa karena menjadi salah satu pendorong semangat belajar,” ujar Dr. Edy dalam rilis yang diterima Kantor Komunikasi Publik Unpad.

Penggagas program “Laptop untuk Kawan” yang juga Wakil Dekan FTIP Unpad Dr. Dwi Purnomo mengatakan, program ini merupakan kesempatan bagi para pelaku usaha pemula di lingkungan Unpad untuk membangun kepedulian sosialnya.

Ia menjelaskan, hibah laptop ini dapat menjadi bekal akselerasi bagi mahasiswa yang memiliki ketebatasan ekonomi, sehingga dapat membantu proses pembelajarannya dengan lebih baik.

“Lebih lanjut diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa untuk memiliki kapasitas lebih besar melalui wadah wirausaha,” ujar Dr. Dwi.

Penerima manfaat ini merupakan mahasiswa yang secara ekonomi memiliki keterbatasan untuk dapat membeli laptop. Kriteria penerima sendiri telah ditentukan oleh pihak fakultas, BEM FTIP, serta para donatur.

Menariknya, para donatur juga pernah merasakan keterbatasan untuk membeli laptop saat berkuliah di Unpad. “Ide ini terletup agar dapat menemani sepanjang proses kuliah dan mengakselerasinya, maka sebuah laptop akan menjadi kawan yang baik minimum untuk empat tahun masa kuliahnya,” pungkas Dr. Dwi.*

Rilis: FTIP Unpad/am

Share this: