Kembangkan Yoghurt Berbahan Ubi Ungu, Tiga Mahasiswa FTIP Unpad Juara I Lomba Poster Ilmiah di Surabaya

Three Food Technology students of University of Padjadjaran won first place in the scientific poster competition "National Food Technology Competition 2019" which was held at the Widya Mandala Catholic University campus, Surabaya, Friday (17/5). *

[unpad.ac.id, 21/5/2019] Tiga mahasiswa Teknologi Pangan Fakultas Teknologi Industri Pertanian Universitas Padjadjaran meraih juara I pada lomba poster ilmiah “National Food Technology Competition 2019” yang digelar di kampus Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya, Jumat (17/5) lalu.

Tiga mahasiswa Teknologi Pangan Universitas Padjadjaran meraih juara I pada lomba poster ilmiah “National Food Technology Competition 2019” yang digelar di kampus Universitas Katolik Widya Mandala, Surabaya, Jumat (17/5) lalu.*

Ajang NFTC merupakan kompetisi ilmiah seputar pengembangan produk pangan lokal. Mengangkat tema “Pengembangan Produk Pangan Fungsional Berbasis Bahan Pangan Lokal”, kompetisi ini terdiri dari dua cabang lomba, yaitu lomba karya tulis ilmiah dan lomba poster ilmiah.

Tiga mahasiswa tersebut yaitu Hendi Kuswendi, Eka Dwi Kusumawati, dan Jafar Syidik. Poster yang diikutsertakan pada kompetisi tersebut membahas secara detail mengenai produk pangan fungsional “YOSYTA (Yoghurt Synbiotic Taro)” yang dikembangkan ketiganya.

Produk pangan YOSYTA merupakan inovasi yoghurt berbahan dasar pangan lokal yaitu ubi jalar ungu var biang. Karena berbahan dasar ubi jalar ungu, maka YOSYTA memiliki warna ungu yang khas dengan rasa kombinasi antara yoghurt dan ubi ungu.

Yoghurt ini memiliki keunggulan dibanding produk yoghurt lainnya, karena banyak mengandung senyawa fungsional, terutama simbiotik dan antioksidan.

“YOSYTA kami klaim sebagai simbiotik karena mengandung komponen prebiotik berupa oligosakarida dan serat pangan dari ubi ungu, dan mengandung probiotik berupa bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Lactobacillus plantarum,” ujar Hendri seperti dalam rilis yang diterima Kantor Komunikasi Publik Unpad.

Sementara senyawa antioksidan pada yoghurt berasal dari senyawa antosianin dan senyawa fenol yang terdapat pada ubi ungu. Adanya aktivitas simbiotik dan antioksidan tersebut, tentunya YOSYTA memiliki banyak manfaat fungsional untuk kesehatan tubuh.*

Rilis/am

Share this: