Pustakawan Unpad Diharapkan Tingkatkan Kompetensi

unpad.ac.id, 15/5/2019] Sebanyak 72 Pustakawan Inpassing Universitas Padjadjaran menerima sertifikat tanda keikutsertaan Diklat Teknis Pengelolaan Perpustakaan bagi Pejabat Fungsional Pustakawan Jenjang Ahli dan Terampil di lingkungan Universitas Padjadjaran, bulan Maret lalu.

Sebanyak 72 Pustakawan Inpassing Universitas Padjadjaran menerima sertifikat tanda keikutsertaan Diklat Teknis Pengelolaan Perpustakaan bagi Pejabat Fungsional Pustakawan Jenjang Ahli dan Terampil di lingkungan Universitas Padjadjaran, Senin (13/5) lalu.*

Penyerahan sertifikat dilakukan oleh Direktur Sumber Daya Manusia Unpad Drs. Gatot Riwi Setyanto, M.Si., dan Direktur Sumber Daya Akademik dan Perpustakaan Unpad Dr. Teuku Yan W. Muda Iskandarsyah, M.T., di ruang kuliah lantai 2 Gedung Grha Kandaga Unpad, Jatinangor, Senin (13/5) lalu.

Dalam sambutannya Gatot mengatakan, Pustakawan Unpad diharapkan dapat meningkatkan kerja sama dan komunikasi antar tenaga pustakawan. Ia juga mendorong pustakawan agar terus mengasah kemampuannya pada bidang menulis, meneliti, serta menjadi narasumber di bidang perpustakaan.

Sementara itu,  Dr. Teuku Yan juga menyampaikan, peran perpustakaan saat ini sudah mulai berubah dari yang konvensional menjadi digitalisasi, sehingga dibutuhkan kemampuan untuk mengikuti perubahan tersebut.

“Diharapkan, perpustakaan dapat menjadi sumber informasi ilmiah (resource) bagi seluruh sivitas akademika Unpad,” ujarnya.

Diklat ini merupakan salah satu syarat mutlak yang harus ditempuh bagi pustakawan yang mengikuti proses pengangkatan jabatan fungsional melalui jalur inpassing. Dalam acara penyerahan sertifikat tersebut, terpilih peserta diklat terbaik bagi pustakawan jenjang ahli maupun jenjang mahir dan terampil.

Peserta diklat terbaik dari pustakawan jenjang ahli diraih oleh Drs. Acep Nedy, MH (FISIP), Darwin Effendi, S.I.P., (Fikom) dan Dra. Rina Roslinawati (FPIK).  Sementara peserta diklat terbaik bagi pustakawan jenjang mahir dan terampil terdiri dari Tatang Susanto (Faperta), Dede Prijadi (Pusat) dan Hendra (Faperta).*

Rilis: Rury Ratnasari/am