Pendaftaran SBMPTN Dibuka 10 Juni 2019 Pukul 13.00 WIB

[unpad.ac.id, 10/6/2019] Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dibuka mulai Senin, 10 Juni 2019, pukul 13.00 WIB hingga Senin, 24 Juni 2019. Universitas Padjadjaran menerima sekira 3.277 calon mahasiwa baru melalui jalur SBMPTN, atau sekira 50% dari total daya tampung Unpad untuk program Sarjana.

Logo Unpad.*

Pendaftaran dilakukan melalui laman http://pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id/ yang akan dibuka pada Senin (10/6) tepat pukul 13.00 WIB. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menetapkan, peserta yang berhak mendaftar SBMPTN merupakan lulusan SMA/SMK/MA/sederajat tahun 2017, 2018, dan 2019 serta sudah memiliki nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Seleksi pada SBMPTN didasarkan pada hasil UTBK peserta ataupun hasil UTBK dan kriteria lain yang ditetapkan bersama oleh beberapa PTN. Selain itu, peserta yang sudah dinyatakan lulus SNMPTN tidak bisa mendaftar SBMPTN.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A., saat diwawancarai beberapa waktu lalu mengingatkan, seseorang yang sudah dinyatakan lulus SNMPTN tidak akan bisa mendaftar SBMPTN. Sistem akan memblokir otomatis peserta apabila diketahui akan mendaftar SBMPTN.

Kebijakan ini merupakan kesepakatan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) selaku lembaga mandiri penyelenggara ujian masuk perguruan tinggi dengan sejumlah Rektor perguruan tinggi negeri se-Indonesia.

“Baca sungguh ketentuannya, LTMPT sudah menyatakan hal itu dan diikuti oleh keputusan para Rektor di Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI),” ujarnya.

Persyaratan lainnya adalah memiliki ijazah bagi peserta yang lulus tahun 2017 dan 2018. Bagi peserta lulusan tahun 2019 wajib memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru.

Tahapan pendaftaran SBMPTN 2019 pada laman http://pendaftaran-sbmptn.ltmpt.ac.id diawali dengan mengisi biodata. Pengisian dikecualikan bagi peserta yang sebelumnya terdaftar di SNMPTN 2019.

Selanjutnya, peserta memilih PTN dan program studi dengan ketentuan, peserta paling banyak memilih 2 PTN dan paling banyak memilih 2 program studi dalam 1 PTN atau 2 PTN.

Bagi peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah borang portofolio. Tata cara pengisian borang portofolio dapat diunduh dari laman http://download.sbmptn.ac.id. Terakhir, peserta mengunggah dokumen lain sesuai dengan persyaratan pendaftaran SBMPTN 2019.

Peserta juga dapat mendaftar program bantuan pemerintah Bidikmisi. Adapun persyaratan pendaftar Bidikmisi adalah sebagai berikut:

  • Siswa pendaftar dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan Bidikmisi.
  • Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi yang ada di laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/
  • Calon peserta penerima Bidikmisi terlebih dahulu mendaftar ke laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
  • Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti mendaftar UTBK di laman https://pendaftaranutbk.ltmpt.ac.id dan tidak dikenakan biaya ujian.
  • Calon peserta penerima Bidikmisi yang dinyatakan tidak lulus SNMPTN 2019, menggunakan NISN dan NPSN untuk mendaftar UTBK dan tidak dikenakan biaya ujian.
  • Calon peserta penerima Bidikmisi yang telah dinyatakan lulus SNMPTN 2019, tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2019.*

Laporan oleh Arief Maulana