Kepala Kantor Kearsipan Universitas Padjadjaran Drs. Sudarma, M.M., menjadi pembicara dalam pelatihan

[unpad.ac.id, 17/7/2019] Universitas Padjadjaran menjadi narasumber dalam pelatihan kearsipan bagi aparatur desa di kecamatan Jatinangor. Pelatihan kearsipan ini digelar di Aula Kecamatan Jatinangor, Rabu (17/7).

Kepala Kantor Kearsipan Universitas Padjadjaran Drs. Sudarma, M.M., menjadi pembicara dalam pelatihan kearsipan bagi aparatur desa di kecamatan Jatinangor yang digelar di Aula Kecamatan Jatinangor, Rabu (17/7).*

Dalam pelatihan tersebut, Kepala Kantor Kearsipan Unpad Drs. Sudarma, M.M., menjadi pembicara dalam pelatihan tersebut. Ia menilai, aparatur pemerintah perlu memahami pentingnya sebuah arsip. Untuk itu, aparatur diharapkan mampu mengelola arsip dengan baik.

Sejumlah materi diberikan dalam pelatihan tersebut, seperti: pengelolaan arsip dinamis aktif dan arsip inaktif, sistem kearsipan pola baru tentang pencatatan surat masuk dan surat keluar dengan menggunakan kartu kendali, hingga tata cara pengisian kartu kendali.

Materi selanjutnya yaitu pemberlakuan kartu kendali, penyimpanan kartu kendali, penggunaan lembar disposisi, pendistribusian surat, penyimpanan surat dan pemberkasannya, kemudian penataan arsip inaktif secara sederhana setelah masa retensi habis.

Camat Jatinangor Syarif Badar mengapresiasi kepada Unpad khususnya tenaga arsiparis yang telah memberikan materi tentang pengelolaan arsip.

“Mudah mudahan pelatihan ini aparat desa kami dapat menambah wawasan tentang kearsipan sehingga Desa dapat mengelola arisp dengan baik,” ujarnya.*

Rilis/am

Share this: