Mahasiwa Baru Unpad Jalur SBMPTN Laksanakan Registrasi Administratif

[unpad.ac.id, 13/8/2019] Sebanyak 3.496 mahasiswa baru Universitas Padjadjaran tahun akademik 2019/2020 jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melaksanakan seleksi administratif di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Selasa (13/8) dan Rabu (14/8).

Mahasiswa baru Universitas Padjadjaran tahun akademik 2019/2020 jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) melaksanakan seleksi administratif di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Selasa (13/8) dan Rabu (14/8). (Foto: Arief Maulana)*

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Arry Bainus, M.A. mengatakan tahun ini ada beberapa perbedaan dengan registrasi administratif SBMPTN tahun 2018 lalu.

“Tahun ini lebih teratur, lebih tertib dan mengantre, karena mereka memang sudah terlebih dahulu mengetahui berapa jumlah yang akan dibayar,” ujar Dr. Arry.

Proses registrasi dilaksanakan dari pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Dalam pembuatan kartu tanda mahasiswa, Unpad bekerja sama dengan sejumlah perbankan. Nantinya, KTM ini memiliki fungsi ganda sebagai uang elektronik.

Adapun berkas administrasi yang diverifikasi masih sama dengan tahun lalu. Mulai dari data pribadi hingga data pendukung lainnya. Dr. Arry mengharapkan agar mahasiswa baru dapat lebih cermat dalam menyiapkan berkas persyaratan.

“Sama sih prinsipnya, seperti data-data pribadi jelas. Saat ini masih terjadi hal-hal yang kalau menurut saya kurang cermat dari peserta terutama. Data masih salah, tidak sesuai dengan dokumen yang dia miliki, jadi itu betul-betul kita verifikasi karena kita mengacu pada data awal yang diberikan secara nasional,” ujar Dr. Arry.

Arry mengimbau mahasiswa baru untuk terus menjaga kesehatan dan mengikuti setiap rangkaian penerimaan mahasiswa baru sebagai pengenalan dunia kampus. Mahasiswa baru perlu belajar bertransisi dari dunia sekolah ke universitas.

“Jaga kesehatan saja, karena masuk ke prosesi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) itu selama seminggu adalah hari yang melelahkan. Yang kedua jangan lupa walau bagaimana pun ini baru masuk dari SMA ke perguruan tinggi. Ikuti semua aturan, kegiatan, dan hal-hal yang baru. Setiap fakultas berbeda-beda tapi Insyaallah tidak ada yang perlu ditakutkan,” tutupnya.

Selain itu, Unpad juga menggelar registrasi administratif untuk program Sarjana Jalur Mandiri dan Sarjana Terapan. Registrasi program Sarjana Jalur Mandiri digelar pada Kamis (15/8), sedangkan registrasi program Sarjana Terapan digelar pada Jumat (16/8). Pelaksanaan registrasi seluruhnya berlokasi di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad.*

Laporan oleh Dimas Rifky Anggriawan/am