UGM Pelajari Sistem Informasi Penelitian dan Publikasi di Unpad

[unpad.ac.id, 8/8/2019] Universitas Padjadjaran menerima kunjungan dari Universitas Gadjah Mada, Kamis (8/8). Pada kunjungan tersebut, UGM bermaksud melakukan studi mengenai pengelolaan sistem informasi penelitian dan publikasi di Unpad.

Universitas Gadjah Mada melakukan kunjungan ke kampus Universitas Padjadjaran untuk mempelajari pengelolaan sistem informasi penelitian dan publikasi di Unpad. Kunjungan diterima sejumlah pimpinan Unpad di ruang rapat Rektor, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Kamis (8/8). (Foto: Winda Eka Putri)*

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian Pada Masyarakat, Kerja Sama, dan Korporasi Akademik, Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., dan sejumlah pimpinan Unpad di ruang rapat Rektor, Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor. Adapun tamu dari UGM sendiri dari sejumlah pimpinan, dosen, dan tenaga kependidikan.

Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM, drg. Ika Dewi Ana , M.Kes., Ph.D., ada beberapa hal utama yang ingin digali dari Unpad. Utamanya, bagaimana pengelolaan  aplikasi dan sistem remunerasi terkait penelitian dan publikasi  serta penerapannya.

“Sistem di Unpad sudah sangat  bagus dan realistis untuk diimplementasikan dalam menunjang percepatan kinerja akademik. Sehingga sudah sepantasnya sistem yang bagus ini harusnya digunakan juga oleh Kementerian Riset , Teknologi, dan Pendidikan Tinggi di level nasional,” ujar Ika.

Pada kesempatan ini,  Direktur Sumber Daya Manusia, Drs. Gatot Riwi Setyanto menyampaikan  tentang kebijakan sistem remunerasi di Unpad. Sementara itu, Direktur Riset, Pengabdian pada Masyakarat dan Inovasi, Rizky Abdulah, S.Si., Apt., PhD., menerangkan implementasi sistem remunerasi Unpad dalam perspektif riset, pengabdian pada masyarakat dan inovasi.

Selanjutnya,  Direktur Perencanaan dan  Sistem Informasi , Mutakin, S.Si., Apt., PhD., bersama Sekretaris Direktorat Perencanaan dan Sistem Informasi, Alan Ridwan Maulana, S.Si., M.Kom., menerangkan tentang aplikasi sistem remuenrasi Unpad.

Terkait implementasi remunerasi, khususnya review kinerja dosen dalam bentuk buku disampaikan oleh Sekretaris Direktorat Sumber Daya Akademik dan Perpustakaan, Ahmad Baehaqi, S.Si., M.T.

Meskipun singkat, pihak UGM mengaku mendapatkan banyak informasi yang dapat diterapkan di internal UGM nanti.

“Unpad sangat concern dan terbuka, dan kami belajar banyak, UGM akan memperbaiki sistem internalnya seperti ini,” tambah Ika.

Turut serta dalam kunjungan Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UGM, Prof. Dr.Ir. Bambang Agus Kironoto, Direktur Penelitian UGM, Prof. Dr. Mustofa Apt.,M.Kes., Direktur Sistem dan Sumberdaya Informasi UGM, Widyawan, S.T., M.Sc., Ph.D., Serta Kepala Badan Penerbitan dan Publikasi UGM , Widodo, S.P., M.Sc., Ph.D.

Setelah kegiatan ini  UGM berharap akan ada kerjasama-kerjasama  yang dapat dikembangkan terkait hal ini.*

Laporan oleh Winda Eka Putri/am