Mahasiswa Biologi Raih Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah di IPB

[unpad.ac.id, 17/9/2019] Tiga mahasiswa program studi Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran, Fikri Ilmi, Dede Sukriman, dan Anwar Nasrudin meraih Juara II sekaligus Best Presentation pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) TGC in Action (TIA) di kampus Institut Pertanian Bogor (IPB), 6-10 September 2019.

Tiga mahasiswa Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran, Fikri Ilmi, Dede Sukriman, dan Anwar Nasrudin meraih Juara II sekaligus Best Presentation pada Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) TGC in Action (TIA) di kampus Institut Pertanian Bogor (IPB), 6-10 September 2019.*

Kompetisi ini diadakan oleh Himpunan Profesi Tree Grower Community Departemen Silvikultur Fakultas Kehutanan IPB yang berkolaborasi dengan International Conference on Tropical Silviculture (ICTS).

Kompetisi Lomba Karya Tulis Ilmiah ini bertemakan “Indonesia Forest Sustainable Development”. Tema tersebut terbagi lagi ke dalam beberapa sub tema yaitu biodiversity, forest fire and climate change, agroforesty and forest plantation, ecosystem services, non-timber forest product, un-even aged silviculture,  dan forest degradation and rehabilitation.

“Kami mengambil sub tema ecosystem services dengan judul ‘Reorientasi Manajemen Urbanisasi Melalui Pengembangan Ruang Terbuka Hijau di Perkotaan Indonesia Menuju SDGs Tahun 2030’,” ujar Fikri.

Ketiga mahasiswa Unpad ini didampingi oleh Dr.rer.nat. Tri Dewi K. Pribadi, M.Si., selaku dosen pembimbing. Alur kompetisi dimulai dengan mengirimkan abstrak dan poster, kemudian full paper. Sepuluh peserta yang berhasil lolos mempresentasikan gagasan di hadapan juri hingga dipilih Juara I, Juara II dan Juara III.

Peserta yang berhasil mendapatkan Juara I, Juara II dan Juara III harus mengirim poster kembali yang nantinya akan dipamerkan pada Seminar Internasional “2nd International Conference on Tropical Silviculture”. Seminar tersebut juga diadakan oleh Departemen Silvikultur Fakultas Kehutanan IPB. Pemenang juga akan mendapatkan tiket gratis menuju seminar tersebut.

Fikri mengaku bangga dapat membawa nama Unpad pada tingkat nasional dan mengalahkan lawan yang memang mendalami bidang tersebut.

“Kesuksesan yang kami raih tentunya bukan hasil dari kerja keras kami saja, namun dari dukungan pihak eksternal lainnya yang memudahkan kami dalam setiap kesulitan,” ucap Fikri.

Fikri berharap mahasiswa prodi Biologi bisa mengikuti beragam kompetisi lainnya. “Harapannya teman-teman Unpad dapat lebih semangat dan antusias untuk mengejar prestasi setinggi-tingginya demi nama almamater kita semua,” kata Fikri.*

Laporan oleh Rana Aushaf/art