Mahasiswa Unpad Kembangkan Platform untuk Mendukung Masuk Perguruan Tinggi

[unpad.ac.id, 5/9/2019] Sejumlah mahasiswa Universitas Padjadjaran mengembangkan platform edukasi digital bagi pelajar Indonesia dalam bentuk media sosial dan website. Usaha rintisan berupa platform “Knowlej.id” ini beranggotakan Muhammad Ihsan (Fikom), Retta Farah Pramesti (FEB), Ricky Ramdhan Darmawan (Fikom), Intan Pratiwi (FMIPA), dan Moch. Rizqi Hijriah (Fikom). 

Usaha rintisan “Knowlej.id” yang dikembangkan Muhammad Ihsan (Fikom), Retta Farah Pramesti (FEB), Ricky Ramdhan Darmawan (Fikom), Intan Pratiwi (FMIPA), dan Moch. Rizqi Hijriah (Fikom) berhasil meraih pendanaan dalam Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2019 yang diselenggarakan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI.*

Retta Farah selaku Chief Financial Officer (CFO) Knowlej.id mengatakan, platform ini berisi informasi dan motivasi edukatif bagi generasi muda yang hendak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ini disebabkan, presentase generasi muda Indonesia salah memilih jurusan mencapai angka 87 persen berdasarkan penelitian Indonesia Career Center Network (ICCN) tahun 2017.

Dalam aplikasinya, Muhammad Ihsan selaku Chief Executife Officer (CFO) menjelaskan, Knowlej.id adalah cikal bakal dari akun media sosial Masuk Unpad yang sudah dikelola sejak 2016. Bedanya, platform ini mencakup kalangan yang lebih luas dan tidak hanya berbentuk media sosial saja.

Selain itu, Knowlej.id juga sering mengadakan try-out online maupun offline serta menjual cendera mata kampus dan buku persiapan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Hadirnya platform Knowlej.id juga diapresiasi Dosen Fikom Unpad Ilham Gemiharto, M.Si. Knowlej.id adalah sebuah ide yang menarik dan inovatif dan akan memberi manfaat yang banyak bagi dunia pendidikan.

“Knowlej.id adalah situs yang bermanfaat bagi mahasiswa dan calon mahasiswa dan pihak terkait lainnya yang membutuhkan berbagai informasi seputar persiapan menghadapi seleksi masuk ke perguruan tinggi, berbagi informasi seputar perkuliahan, serta banyak informasi pendukung lainnya. Bahkan ada fitur tes minat dan bakat yang dapat digunakan untuk acuan memilih program studi yang tepat bagi calon mahasiswa,” ungkap Ilham.

Saat ini, ada beberapa hal dasar dari platform Knowlej.id yang sedang dikembangkan untuk meningkatkan Knowlej.id, antara lain dalam manajemennya dan fitur-fitur unggulannya, seperti Know Story, Know Interest, Know Media, Know Shop, dan Know Event.

Usaha “Knowlej.id” merupakan salah satu usaha rintisan yang mendapat pendanaan dalam Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) 2019 Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI. KBMI merupakan kompetisi untuk mendorong tumbuhnya karakter wirausaha di kalangan mahasiswa Indonesia. Program ini juga berupaya menumbuhkembangkan wirausaha baru kreatif yang inovatif berbasis teknologi.*

Rilis/fit