Sejumlah Penghargaan Diberikan pada Malam Apresiasi Dies Natalis ke-62 Unpad

[unpad.ac.id, 12/9/2019] Memperingati Dies Natalis ke-62, Universitas Padjadjaran memberikan penghargaan kepada sejumlah sivitas akademika dan tenaga kependidikan Unpad yang berprestasi. Penyerahan penghargaan diberikan dalam acara “Malam Apresiasi” yang diselenggarakan di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur Nomor 35 Bandung, Rabu (11/9).

Sejumlah penghargaan diberikan Universitas Padjadjaran kepada sivitas akademika dan tenaga kependidikan yang berprestasi dalam acara “Malam Apresiasi” Memperingati Dies Natalis ke-62 di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Rabu (11/9) malam. (Foto: Arief Maulana)*

Penghargaan di antaranya diberikan kepada peraih juara di ajang Pekan Olah Raga dan Seni yang telah digelar sebagai bagian dari dies natalis ke-62 Unpad. Porseni dilaksanakan pada 26 Agustus hingga 9 September 2019 lalu di kampus Unpad Jatinangor.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Dies Natalis ke-62 Unpad Prof. Muchtaridi menekankan bahwa pelaksanaan kegiatan tersebut bukan mengutamakan gelar juara, melainkan mengejar kebersamaan.

“Pelaksanaan Dies ke 62 ini merupakan hasil kerja sama, kekompakan, dan kebersamaan dari sivitas akademika Universitas Padjadjaran, alumni, dan mitra Unpad,” ujar Prof. Muchtaridi.

Di bidang seni, penghargaan diberikan kepada peraih Juara “Unpad Idol” meliputi kategori menyanyi solo, vocal group, dan band. Untuk kategori solo Juara I diraih Adhein dari Fakultas Kedokteran, Juara II diraih Ameira Baradja dari Fakultas Ilmu Budaya, dan Juara III diraih Dea Clara Nadya daro Fakultas Keperawatan.

Untuk kategori Vocal Group, juara diraih oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Juara I), Fakultas Kedokteran (Juara II), dan Fakultas Hukum (Juara III). Sementara pada kategori Band juara diraih oleh Fakultas Hukum (Juara I), Fakultas Kedoketran (Juara II), dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (Juara III).

Selain itu, diberikan juga penghargaan kepada sejumlah pemenang Porseni Cabang Olah Raga, meliputi Bola Voli, Tenis Meja, Bulu Tangkis, dan Sepak Bola. Fakultas Kedokteran pun diumumkan sebagai peraih Juara Umum Porseni tahun ini.

Pada acara tersebut, secara simbolis Unpad juga memberikan penghargaan kepada dosen dan tenaga kependidikan berprestasi di lingkungan Unpad. Penghargaan meliputi Dosen Berprestasi Bidang Sains dan Teknologi, Dosen Berprestasi Bidang Sosio Humaniora, Pranata Laboratorium Pendidikan Berprestasi, Pustakawan Berprestasi, Pengelola Keuangan Berprestasi, Tenaga Administrasi Akademik Berprestasi, dan Arsiparis Berprestasi.

Secara simbolis, penghargaan juga diberikan kepada peraih Satya Karya Bhakti Pendidikan, Satya Karya Bhakti Kelas I, Satya Karya Bhakti Kelas II, dan Satya Karya Purnabhakti.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pemberian Anugerah Humas Pengelola Website Fakultas. Penghargaan diberikan kepada Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebagai terbaik pertama, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik sebagai terbaik kedua, dan Fakultas Teknologi Industri Pertanian sebagai terbaik ketiga.

Selain itu, berbagai kegiatan yang dilaksanakan di Malam Apresiasi antara lain penyerahan secara simbolis Smart Card Unpad serta sejumlah penampilan hiburan dari keluarga besar Unpad dan bintang tamu. Acara turut dimeriahkan oleh penampilan KSP Big Band dan Diskoria, serta pembawa acara Joe P Project.

Malam Apresiasi dibuka secara resmi oleh Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Unpad Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE. Senada dengan Prof. Muchtaridi, Prof. Rina juga mengatakan bahwa pelaksanaan dies natalis Unpad menjunjung kebersamaan, sinergi, saling berbagi, serta silaturahmi.

“Selamat ulang tahun Universitas Padjadjaran kita yang tercinta. Kita doakan ke depan akan semakin maju dan kita akan semakin bahagia dan sejahtera,” ucap Prof. Rina.

Tahun ini, pelaksanaan rangkaian kegiatan Dies Natalis Unpad mengangkat tema “Unpad di Pentas Dunia”. Menurut Prof. Muchtaridi, tema tersebut  diangkat mengingat Unpad telah mencatatakan dirinya di jajaran pentas dunia, diantaranya terlihat dari tercatatnya Unpad di perankingan global.

Rangkaian kegiatan Dies Natalis sendiri akan terus berlanjut dengan pelaksanaan beberapa kegiatan, diakhiri dengan kegiatan Unpad Funbike dan Longride pada 13 Oktober 2019.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am