Sembilan Bakal Calon Rektor Sampaikan Gagasan di Hadapan Alumni dan Masyarakat

[unpad.ac.id, 17/9/2019] Sembilan Bakal Calon Rektor Universitas Padjadjaran 2019-2024 mulai menyampaikan gagasannya. Penyampaian gagasan ini dilakukan sebagai bagian dari tahapan penyaringan Calon Rektor Unpad.

Sembilan Bakal Calon  Rektor Universitas Padjadjaran 2019-2024 menyampaikan gagasannya tentang pengembangan Unpad di hadapan alumni dan masyarakat Dalam acara yang digelar di Ruang Serba Guna Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Selasa (17/9). (Foto: Arief Maulana)*

Dalam acara yang digelar di Ruang Serba Guna Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Selasa (17/9), sembilan Bakal Calon Rektor menyampaikan gagasannya tentang pengembangan Unpad di hadapan alumni dan masyarakat. Turut hadir Ketua Senat Akademik Unpad Prof. Oekan S. Abdoellah, PhD, Ketua Ikatan Alumni Unpad Hikmat Kurnia, serta sejumlah tokoh masyarakat Jawa Barat yang juga alumni Unpad.

Dalam sambutannya, Hikmat mengatakan, sosialisasi penyampaian gagasan 9 Bakal Calon Rektor Unpad 2019-2024 di hadapan alumni dan masyarakat ini memiliki tujuan utama untuk menguatkan sinergi membawa Unpad lebih baik lagi.

Ia menilai, masa pemilihan Rektor Unpad saat ini memiliki momentum yang baik, yaitu bertepatan dengan peringatan Dies Natalis ke-62. “Peringatan Dies Natalis ini jadi momentum untuk menerbangkan Unpad,” ujar Hikmat.

Berbeda dengan sosialisasi gagasan pada umumnya, acara ini mengangkat konsep penyampaian gagasan dengan cara yang berbeda. Konsep ini dituangkan melalui dua segmen.

Pada segmen pertama, para Bakal Calon Rektor akan mengambil satu kartu. Setiap kartu berisi nama tokoh masyarakat yang akan mengajukan pertanyaan untuk dijawab oleh para Bakal Calon Rektor. Pada segmen ini, setiap Bakal Calon diberi kesempatan menjawab selama 2,5 menit.

Pada segmen selanjutnya, para Bakal Calon diberikan pertanyaan dari perwakilan audiens. Hikmat menjelaskan, pakar komunikasi Indonesia Prof. Effendi Gazali, bertindak sebagai penanya tunggal untuk segmen ini.

Selain itu, setiap Bakal Calon juga diminta untuk menggambar mengenai kondisi Unpad sesuai dengan gagasan yang ingin disampaikan. Hasil gambar setiap  bakal calon kemudian dianalisis oleh pakar semiotika Dr. Acep Iwan Saidi.

Secara alfabetis, 9 nama  Bakal Calon Rektor Unpad tersebut antara lain: Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, dr., Sp.M(K)., M.Kes., Ph.D.  Dr. Arry Bainus, M.A., Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc., Dr. Keri Lestari, M.Si., Apt., Prof. Dr. Reiza D. Dienaputra, M.Hum., Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., MSIE., Prof. Dr. Sri Mulyani, Ak., CA., Dr. Toni Toharudin, M.Sc., dan Prof. Dr. Unang Supratman, M.Si.*

Laporan oleh Arief Maulana