Unpad Pamerkan Beragam Hasil Inovasi dan Penelitian Para Guru Besar

[unpad.ac.id, 12/9/2019] Dalam rangka Dies Natalis ke-62, Dewan Profesor dan Senat Akademik Universitas Padjadjaran mengelar “Parade Karya, Cipta, dan Karsa Profesor Unpad Tahun 2019” yang digelar di Bale Sawala dan Bale Rucita Rektorat Unpad Jatinangor, Kamis (12/9).

Mahasiswa Universitas Padjadjaran melihat-lihat beragam poster yang memuat informasi penelitian para guru besar dalam acara Parade Karya, Cipta, dan Karsa Profesor Unpad Tahun 2019” yang digelar di Bale Sawala dan Bale Rucita Rektorat Unpad Jatinangor, Kamis (12/9). (Foto: Arief Maulana)*

“Kita ingin menghargai para guru besar yang sudah berkarya, berprestasi. Kita sanggat bangga kepada para guru besar yang telah mampu menembus jurnal Q1,” ungkap Ketua Dewan Profesor, Prof. Dr. Sutyastie Soemitro Remi, S.E., M.S.

Dalam acara tersebut, terdapat empat acara besar antara lain, gelar wicara mengenai “Kiat-kiat Menembus Jurnal Q1”, seminar presentasi hasil penelitian, penyajian poster hasil riset, dan bedah buku karya para guru besar Unpad.

Dijelaskan Prof. Sutyastie, seminar presentasi hasil riset dilakukan oleh tujuh guru besar Unpad. Hasil penelitian para guru besar ini disajikan dalam 40 poster.

“Poster-poster tersebut akan ditindaklanjuti mana produk yang segera dapat direalisasi. Selanjutnya, dari produk tersebut diharapkan akan lahir revenue untuk pemasukan pendapatan Unpad,” kata Prof. Sutyastie.

Ketua Senat Akademik Unpad Prof. H. Oekan Soekotjo Abdoellah, MA., Ph.D., dalam sambutannya mengatakan, acara ini merupakan upaya dalam mewujudkan Unpad sebagai World Class University.

“Acara karya, cipta, dan karsa ini adalah bagian dari kegiatan besar Unpadyang tidak saja sebagai upaya menuju World Class University, tetapi yang lebih penting lagi adalah bagaimana membawa Unpad maslahat bagi masyarakat Jawa Barat khususunya dan bangsa Indonesia pada umumnya,” ungkap Prof. Oekan.

Acara ini dibuka oleh Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Unpad Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE. Prof. Rina mengatakan bahwa acara ini merupakan rangkaian lanjutan Dies Natalis ke-62 Unpad untuk ekspose hasil karya para guru besar.

“Di dalam Dies Natalis Unpad ini selain telah dilakukan bersyukur, bergembira, sekarang adalah gilirannya kita melakukan ekspose. Ekspose tentu kepada pihak-pihak yang memang kita harapkan mengapresiasi dan merekognisi karya kita,” jelas Prof. Rina*

Laporan oleh Fitri Fairuza/am