Unpad Raih Perak di Pimnas ke-32

[unpad.ac.id, 2/9/2019] Universitas Padjadjaran meraih dua perak di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-32 di Universitas Udayana Bali. Penutupan Pimnas ke-32 telah dilaksanakan di Art Center, Denpasar, Bali, Jumat (30/8) lalu.

Satu perak diraih dalam presentasi karya ilmiah Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM PE) berjudul  “Pendingin Gelembung Nano untuk Mengatasi Kegagalan Sistem Pendingin Aktif Reaktor Nuklir”. Mahasiswa tersebut terdiri dari Try Hutomo, Intan Farwati, dan Rosaldi Pratama, dengan dosen pembimbing Dr. Cukup Mulyana dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Sementara itu, satu perak dari poster diraih Luthfi Utami Setyawati, Risda Rahmi Islamiaty, dan Kevin Reinard Lie dalam PKM PE berjudul “Validasi Metode Pemisahan Teknesium-99m-Alfa mangostin dan Iodium-131-Alfa mangostin sebagai Pendeteksi Kanker Payudara Baru menggunakan HPLC Gamma-Counter”. Para mahasiswa tersebut dibimbing oleh Prof. Muchtaridi dari Fakultas Farmasi Unpad.

Ditemui di ruang kerjanya, Direktur Pendidikan dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Wawan Hermawan, M.S. mengatakan bahwa tim Unpad sudah menunjukan penampilan terbaik di Pimnas kali ini. Untuk menuju Pimnas ke-32, Unpad sudah melakukan berbagai persiapan matang, mulai dari penjaringan peserta hingga pemantapan.

“Kita bersyukur untuk perolehan dua perak oleh tim Unpad tahun ini. Itu sangat membanggakan,” ujar Prof. Wawan.

Tahun ini, ada empat kelompok yang lolos maju ke Pimnas, terdiri dari tiga kelompok Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM PE) dan satu kelompok Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKMK).

Diungkapkan Prof. Wawan, untuk menuju Pimnas tahun depan, Unpad akan melakukan proses evaluasi untuk meningkatkan proses persiapan. Diharapkan, prestasi Unpad di Pimnas tahun mendatang akan lebih baik lagi.

Prof. Wawan pun mengajak keterlibatan semua pihak, mulai dari tingkat program studi untuk bersama-sama mempersiapkan program kreativitas mahasiswa terbaik. Diharapkan, keterlibatan guru besar dalam membimbing mahasiswa juga semakin ditingkatkan.

“Jadi dari sekarang sudah mulai lagi persiapan untuk Pimnas. Harapannya adalah kita akan lebih baik lagi, minimal ada sepuluh besar seperti yang dulu pernah diraih Unpad,” harap Prof. Wawan.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am