Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE., Dilantik Sebagai Rektor Unpad 2019-2024

[unpad.ac.id, 7/10/2019] Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Padjadjaran Rudiantara melantik Rektor Universitas Padjadjaran Periode 2019-2024 Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE.,di Grha Sanusi Hardjdinata Unpad, Jalan Dipati Ukur Nomor 35 Bandung, Senin (7/10).

Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Padjadjaran Rudiantara (kanan) melantik Prof. Dr. Rina Indiastuti, M.SIE., sebagai Rektor Unpad periode 2019-2024 di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Senin (7/10). (Foto: Dadan Triawan)*

Pada kesempatan tersebut, Rudiantara mengungkapkan bahwa proses pemilihan rektor Unpad telah mencerminkan suasana kebersamaann. Proses pemilihan merupakan proses transparan, akuntabel, dan adil bagi seluruh pemangku kepentingan Universitas Padjadjaran.

Dikatakan Rudiantara, para Calon Rektor merupakan putra putri terbaik Unpad. Dalam proses pemilihan pun tidak ada saling kompetisi atau menjegal, melainkan dapat  saling melengkapi satu sama lain. Program para Calon Rektor juga dinilai sangat baik.

“Saya menanyakan langsung kepada calon-calon yang lain, apakah programnya yang bagus boleh  diadopsi oleh Rektor yang nanti dipilih? semua menjawab ‘ya’. Apakah kalau tidak dipilih mau menjadi tim dari Rektor yang dipilih? Semua mengatakan ‘ya’. Inilah ciri khas kita orang Sunda, Pasundan, guyub,” ujar Rudiantara.

Menurut Rudiantara, sikap hare-hare atau masing-masing sebaiknya dihilangkan. “Kita begini karena kita adalah Unpad,” ujar Rudiantara.

Rudiantara pun mengajak semangat kebersaman bahwa Unpad bukan hanya untuk intern Unpad, melainkan bagian dari Jawa Barat dan Indonesia. Dalam program-program Rektor ke depan, MWA pun akan turut mengiringi menjadikan Unpad lebih baik di mata dunia.

“Saya yakin Unpad akan semakin jaya, Unpad akan semakin besar dan Unpad masuk 500 besar dunia,” kata Rudiantara.

Ditemui usai acara, Rektor Unpad periode  2019-2024 Prof.Rina Indiastuti mengatakan, selain melesat di pentas dunia, hal yang tidak boleh dilupakan adalah Unpad perlu menebar manfaat. Manfaat tersebut tidak hanya bagi sivitas Unpad, tetapi juga bagi lingkungan sekitar, seperti Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, dan Indonesia.

“Syukur kita bisa memang mengangkat daya saing Indonesia di kancah global,” ucap Rektor.

Untuk menuju kesana, tentu bukan upaya Rektor sendiri, melainkan kebersamaan tim dan diukung oleh seluruh keluarga besar Unpad. Unpad pun memiliki energi yang besar, terlihat dari jumlah dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa yang cukup besar.

“Kalau itu energinya disatukan, guyub, Insyaallah ke depan Unpad akan maju dan punya kontribusi dan manfaat bagi bangsa terutama Jawa Barat,” harap Rektor.

Prof. Rina merupakan guru besar bidang Ekonomi Industri dan Perbankan pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad. Lahir di Kediri, 10 Januari 1961, Prof. Rina menyelesaikan studi Sarjana Ekonomi di Unpad pada 1984, Magister Manajemen Industri di ITB pada 1989, dan Doktor Ekonomi Industri di Osaka Prefecture University, Jepang, pada 1999.

Prof. Rina pernah menjabat sebagai Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Unpad 2009-2012, Wakil Rektor Bidang Perencaan, Sistem Informasi, dan Keuangan pada 2012-2015, serta Sekretaris Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti RI 2017-2019.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am

Share this: