[unpad.ac.id, 18/10/2019] Sebanyak 27 Kepala Sekolah yang tergabung dalam Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA (MKKS-SMA) Kabupaten Indragiri Hulu melakukan kunjungan kerja ke Universitas Padjadjaran. Acara berlangsung di Aula Rancage, Gedung Rektorat, Kampus Jatinangor, Jumat (18/10).

Suasana kunjungan kerja Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA (MKKS-SMA) Kabupaten Indragiri Hulu ke kampus Universitas Padjadjaran, Jatinangor, Jumat (18/10).*

Dalam kesempatan tersebut, Ketua MKKS-SMA Kabupaten Indragiri Hulu, Drs. H. Aristo, M.Pd., mengatakan kunjungan kerja ini dilakukan untuk membahas mengenai penerimaan mahasiswa baru Unpad dari berbagai jalur masuk sekaligus membangun kerja sama.

“Dengan adanya pertemuan ini diharapkan bisa terjalin kerja sama antara kita semua, selain itu kami bisa menyampaikan informasi pada peserta didik kami yang akan menuju bangku kuliah. Sehingga kami berharap mereka bisa melanjutkan pendidikan di Unpad,” paparnya.

Kunjungan diterima secara resmi oleh Sekretaris Direktorat Tata Kelola dan Komunikasi Publik, Dadang Abdurrahim, S.H., dan Sekretaris Direktorat Pendidikan dan Kemahasiswaan, Aji Sasongko, S.Pd., M.Si.

Acara dibuka dengan pemaparan Unpad secara umum oleh Dadang Abdurrahim, setelah itu dilanjutkan dengan penjelasan proses seleksi penerimaan mahasiswa baru oleh Aji Sasongko, M.Si. Ia menginformasikan seleksi mandiri jenjang S-1 dan D-IV yang baru saja diselenggarakan tahun ini. Aji juga menjelaskan perbedaan antara seleksi mandiri dengan jalur masuk lain.

Selain itu, pemberlakuan Dana Pengembangan (DP) untuk mahasiswa baru menjadi titik fokus utama yang membedakan seleksi mandiri dengan jalur lain. Aji menjelaskan bahwa DP tidak bersifat memberatkan jika mahasiswa baru memenuhi persyaratan administrasi.

“Di jalur ini UKT masih sama dengan jalur lain, yaitu sesuai kemampuan orang tua. Dana Pengembangan bisa dikurangi atau bahkan dibebaskan asalkan memenuhi persyaratan administrasi,” pungkasnya.

Dadang Abdurrahim, S.H., menutup acara dengan harapan bahwa kunjungan kerja MKKS Kabupaten Indragiri Hulu dan Unpad ini akan semakin membuka jalan calon mahasiswa baru untuk melanjutkan pendidikan di Unpad.

“Kami berharap materi yang kami berikan bisa mengedukasi dan semoga peserta didik dari daerah Indragiri Hulu akan semakin banyak yang berhasil melanjutkan perkuliahan di Unpad,” tutup Dadang.*

Laporan oleh Dimas Rifky Anggriawan

Share this: