Lantik Wisudawan, Rektor Harapkan Lulusan Unpad Jadi Pemimpin Global Masa Depan

[unpad.ac.id, 5/11/2019] Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE.,  melantik 2.893 orang wisudawan pada Wisuda Lulusan Unpad Gelombang I tahun akademik 2019/2020. Wisuda dilaksanakan dalam enam sesi di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur Nomor 35 Bandung, 5-7 November 2019.

Rektor Universitas Padjadjaran Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., M.SIE., membacakan pidato dalam Wisuda Lulusan Unpad Gelombang I tahun akademik 2019/2020 sesi pertama yang digelar di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Jalan Dipati Ukur Nomor 35 Bandung, Selasa (5/11). (Foto: Arief Maulana)*

“Di mana pun nanti Saudara berkarya, jadilah lulusan Unpad yang akan menjadi pemimpin global di masa depan dan memiliki manfaat yang besar untuk masyarakat Indonesia serta masyarakat dunia,” pesan Rektor kepada Wisudawan, Selasa (5/11).

Selain itu, Rektor juga berpesan untuk terus menjaga nama baik Unpad, mengingat lulusan Unpad juga merupakan duta Unpad di masyarakat.  Gelar akademik yang diperoleh merupakan tanggung jawab dan amanah yang harus dilaksanakan dengan baik untuk bisa memiliki dampak positif dan bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga, almamater, institusi, masyarakat, dan bangsa.

“Jadilah lifelong learner yang tidak mudah cukup dengan apa yang diperoleh dari bangku kuliah, teruslah belajar untuk menambah kompetensi dan keterampilan (soft-skills) karena tuntutan zaman dan perubahan di masa depan terjadi dengan sangat cepat dan tidak bisa diprediksi,” ujar Rektor.

Lebih lanjut Rektor berpesan  untuk selalu menjaga kebersamaan dan tali bersilaturahmi dengan almamater. Unpad akan besar jika lulusan dan alumninya memiliki kiprah yang besar. Unpad juga menjadi kuat jika para lulusan dan alumninya senantiasa ingat dan memiliki ikatan kuat dengan almamaternya.

Secara khusus Rektor mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang lulus dengan predikat terbaik untuk masing-masing jenjang. Wisudawan Terbaik Program Doktor diraih oleh Hazmirullah dari program studi Sastra Fakultas Ilmu Budaya, Wisudawan Terbaik Program Magister diraih oleh Rima Melati dari program studi Kimia Fakultas MIPA, dan Wisudawan Terbaik Program Spesialis diraih oleh I Gusti Ayu Kade Ira Purbasari dari program studi Prostodontik Fakultas Kedokteran Gigi,

Selanjutnya, Wisudawan Terbaik Program Profesi diraih oleh Putri Raraswati dari program studi Apoteker Fakultas Farmasi , dan Wisudawan Terbaik Sarjana diraih oleh Chosyatillah dari program studi Sastra Jerman Fakultas Ilmu Budaya.

Sementara itu wisudawan dengan usia tertua pada kesempatan kali ini adalah Lily Marliah dari Program Studi Sastra Fakultas Ilmu Budaya yang lulus pada usia 71 tahun 6 bulan 3 hari, dan wisudawan termuda adalah Anisha Salmah Azhar dari program studi Teknik Geologi Fakultas Teknik Geologi yang lulus pada usia 20 tahun 1 bulan 21 hari.

Pada kesempatan tersebut, Rektor juga mengungkapkan target Unpad untuk bisa mencapai 500 kelas dunia. Program kerja pun harus dipertajam untuk bisa melakukan percepatan pencapaian target tersebut.

Dikatakan Rektor, aspek yang harus diperkuat dan ditingkatkan diantaranya adalah employer reputation dan internationalization. Untuk itu, kerja sama riset akan dipertajam untuk bisa terfokus pada area strategis yang menjadi keunggulan Unpad, akreditasi internasional untuk program studi akan dikuatkan, pengelolaan data alumni dan pengguna lulusan yang efektif berbasis IT, penguatan informasi program studi melalui website dan media digital, perluasan program distance learning dan blended learning, serta penguatan di berbagai aspek strategis lainnya.*

Laporan oleh Artanti Hendriyana/am