Manfaatkan Limbah Biji Alpukat Sebagai Agen Antikanker, Mahasiswa FMIPA Unpad Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah di ITS

[unpad.ac.id, 27/11/2019] Tiga mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran, Atika Ayu Permatasari (Kimia), Dendi Hazik Fuadi (Teknik Elektro), dan Sintya Sri Indriani (Kimia) berhasil meraih juara III dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) “Marine Paper Competition” yang digelar Himpunan Mahasiswa Departemen Teknik Sistem Perkapalan Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 1 – 3 November lalu.

Tiga mahasiswa¬†akultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Padjadjaran berhasil meraih juara III dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) “Marine Paper Competition” yang digelar Himpunan Mahasiswa Departemen Teknik Sistem Perkapalan Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 1 – 3 November lalu.*

Atika¬† dan tim berhasil meraih juara berdasarkan karya tulis ilmiah berjudul “Pemanfaatan Limbah Biji Alpukat (Persea americana) Sebagai Agen Antikanker dengan Pengolahan Otomatis Menggunakan Microcontroller Arduino“. Dalam karya tulis tersebut, tim memanfaatkan potensi dari biji alpukat yang ternyata memiliki sejumlah manfaat.

“Dengan kandungan senyawa yang melimpah dari biji alpukat, ternyata juga berpotensi sebagai agen antikanker,” ujar Dendi dalam rilis yang diterima Kantor Komunikasi Publik Unpad.

Dibantu dosen pembimbing Dr. Darmawan Hidayat, tim mencoba mengoptimalkan proses pengolahan biji alpukat tersebut. Jika diolah secara konvensional, prosesnya memakan waktu cukup lama. Namun, melalui sistem otomatis dengan pemanfaatan sensor dan kontroler, pengolahan bisa dilakukan dengan optimal.

“Pemanfaatan sensor dan kontroler memiliki parameter yanglebih pasti dibandingkan dengan cara konvensional yang hanya memanfaatkan tenaga manusia sebagai parameter pengukurnya,” jelas Dendi.*

Laporan oleh Arief Maulana