Rancang Sistem E-Voting dengan Teknologi Blockchain-Ethereum, Tiga Mahasiswa Unpad Raih Perak di Universitas Telkom

[unpad.ac.id, 12/11/2019] Tiga mahasiswa Universitas Padjadjaran meraih juara dalam lomba karya tulis ilmiah di ajang Gemastik XII yang digelar di kampus Universitas Telkom, Bandung, 24 – 26 Oktober lalu.

Tiga mahasiswa Universitas Padjadjaran berhasil meraih juara II dalam lomba karya tulis ilmiah di ajang Gemastik XII yang digelar di kampus Universitas Telkom, Bandung, 24 – 26 Oktober lalu.*

Tiga mahasiswa tersebut, Sachi Hongo (Teknik Informatika), Suriadi Vajrakaruna (Teknik Informatika), dan Natasya (Ilmu Hukum) yang tergabung dalam tim KMBD berhasil meraih juara II dan mendapatkan medali perak melalui karya tulis bertema “E-voting dengan Teknologi Blockchain-Ethereum”.

Dalam karya tulis itu, ketiga mahasiswa dengan dosen pembimbing Dr. Setiawan Hadi, M.Sc.CS, dan Mira Suryani, M.Kom., ini mengembangkan sistem e-voting atau sistem pemungutan dan penghitungan suara digital dengan lebih aman dan rahasia. Tim melakukan pembaruan teknologi berupa implementasi blockchain dengan membangun sistem e-voting dalam jaringan smart contract-Ethereum.

Tidak hanya berupa karya tulis, tim juga telah mengembangkan purwarupanya, sehingga ide ilmiah ini bisa memiliki kontribusi baik kepada masyarakat.*

Rilis: Agus Purwanto/am