Tingkatkan Pelayanan Institusi, UPN Veteran Yogya dan Unnes Kunjungi Unpad

[unpad.ac.id, 13/11/2019] Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta mengadakan kunjungan studi banding ke Universitas Padjadjaran, Jumat (8/11) lalu. Kunjungan dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan publik UPN Veteran Yogya.

Suasana kunjungan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta ke Universitas Padjadjaran, Jumat (8/11) lalu.*

Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerja Sama UPN Veteran Yogyakarta, Yudi Sutama, M.Pd., menjelaskan bahwa maksud kedatangan mereka adalah belajar tentang pengelolaan pelayanan publik dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di lingkungan Universitas Padjadjaran.

“Kami ingin banyak belajar dari Unpad yang lebih berkembang dalam hal pelayanan publiknya,” ujar Yudi mewakili rombongan yang diterima di Ruang Rapat Bersama Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Tata Kelola dan Komunikasi Publik Unpad, Aulia Iskandarsyah, M.Psi., Ph.D , yang didampingi staf PPID Unpad, Marlia, S.Sos., mengatakan bahwa pelayanan publik di Unpad dilakukan dalam berbagai bentuk, baik yang bersifat online maupun offline.  Pelayanan publik di Unpad tidak hanya terkait pelayanan informasi saja, tetapi juga terkait penyampaian informasi dan keluhan.

Aulia mengatakan bahwa Unpad berkomitmen dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh pihak. Untuk itu, Unpad membangun sistem, sarana prasana sekaligus mempersiapkan sumber daya manusianya.

“Kami pelajari proses bisnis di Unpad, lalu kita pilah-pilah dan berkolaborasi dengan seluruh unit kerja untuk mencari metode yang tepat dalam memberikan pelayanan. Kami integrasikan sistem yang ada dalam suatu sistem informasi untuk memberikan kemudahan kepada seluruh pihak,” tutur Aulia.

Setelah mendapatkan paparan terkait pelayanan publik di lingkungan Unpad, rombongan juga berkesempatan untuk mengunjungi Unit Layanan Terpadu (ULT) Unpad untuk mengetahui pengelolaan pelayanan publik secara langsung (offline).

Di hari yang sama, perwakilan dari Unit Layanan Terpadu Universitas Negeri Semarang (Unnes) juga melakukan kunjungan studi banding terkait pelayanan di ULT Unpad. Rombongan yang dipimpin oleh Rochsid T.H.P., diterima oleh Koordinator ULT Unpad, Elin Herlina, S.Sos dan jajarannya.*

Rilis: Lilis Lisnawati/am