Unpad Gelar Lokakarya Riset Operasi dan Pemodelan Optimisasi

[unpad.ac.id, 12/11/2019]  Pusat Riset Citarum Harum bekerja sama dengan program studi Pascasarjana Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) dan Kelompok Riset Sistem Rantai Pasok dan Logistik Pertanian (Agrilogics) Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran menggelar “Workshop Riset Operasi dan Pemodelan Optimisasi” di Sekolah Pascasarjana Unpad, Jalan Dipati Ukur Nomor 35, Bandung, 8-9 November.

Foto bersama dalam acara “Workshop Riset Operasi dan Pemodelan Optimisasi” di Sekolah Pascasarjana Unpad, Jalan Dipati Ukur Nomor 35, Bandung, 8-9 November.*

Kegiatan ini diikuti oleh 36 peserta dari enam perguruan tinggi di Indonesia, yaitu Unpad, ITB, IPB, Universitas Airlangga, Universitas Jambi, Universitas Bale Bandung, serta satu orang dari Pemda Kabupaten Bandung.

Acara yang dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Riset Agrilogics Dr. Tomy Perdana tersebut digelar untuk menjawab masalah mengenai optimisasi biaya operasi dan transmisi jaringan pipa gas dan terkait perencanaan pertanian.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai warming-up dalam pelaksanaan kerja sama riset dan pengembangan kapasitas riset multidisiplin ilmu antara Unpad dan University of Southampton, Inggris,” ungkap Dr. Tomy.

Dr. Tomy menjelaskan, kerja sama yang dilakukan mengenai Designing a Resilient Relief Supply Network  for Natural Disasters in West Java Indonesia using Optimisation-Via-Simulation: Relief-Ops, yang mendapatkan pendanaan dari EPSRC (Global Challenges Research Fund UK) dan  Improving Community Resilience and Sustainability Through Operational Research Capacity Building  in Southeast Asia (CREST-OR).

Kegiatan riset tersebut memerlukan bidang ilmu Matematika Terapan, khususnya Riset Operasi dan Pemodelan Optimisasi terkait dengan hal pengambilan keputusan yang optimal serta berlaku secara global. Dicanangkan tahun 2020, kegiatan Operational Research Capacity Builiding ini akan mengirimkan delegasi untuk mengikuti kegiatan pendalaman materi OR di Vietnam dan Inggris.

Sementara itu, pemateri utama dalam lokakarya ini yaitu Dr. Diah Chaerani, M.Si., dari prodi Pascasarjana Matematika FMIPA Unpad. Dr. Diah mengatakan bahwa riset operasi (operations research) dapat memiliki peran penting dalam proses pengambilan keputusan. Proses ini dilakukan dengan menggunakan teknik pemodelan matematika.

Teknik ini juga dapat dimanfaatkan untuk mempelajari berbagai fenomena alam sekitar karena matematika memiliki peranan kunci dalam berbagai aspek kehidupan.

Dr. Diah mengungkapkan bahwa riset operasi sangat berperan dalam penentuan kondisi-kondisi optimal dari suatu masalah. Riset operasi sendiri merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang dapat digunakan sebagai alat pembuat keputusan.

”Jadi disini dalam berbagai masalah real problem, kemudian dimodelkan secara operations research, kemudian diselesaikan dengan menggunakan metode optimisasi. Jadi nanti kondisi-kondisi optimal yang kita cari,” kata Dr. Diah Chaerani yang menekuni bidang Operational Research dan Optimization Modeling sebagai fokus utama risetnya.

Lokakarya ini digelar untuk memperkuat jejaring para peneliti dibilang riset operasi. Selain itu, para peserta yang merupakan para dosen, peneliti, dan mahasiswa ini diharapkan akan memiliki kajian baru dalam riset mengenai riset operasi.

“Tujuan utamanya membentuk jaringan baru untuk networking sistem operasi, kemudian menstimulasi partisipan untuk bisa memperoleh topik-topik baru dalam riset,” ungkap  Dr. Diah.

Pada acara ini dipilih materi penerapan Operations Research and Optimization Modelling pada bidang pertanian dan teknik geologi khususnya dibahas masalah inventory control, vehicle routing problem, farm planning problem, masalah optimisasi jaringan pipa gas serta masalah robust resistance topology network.  Selain pembahasan materi tersebut, diperkenalkan pula penggunaan MS Excel, Software Aplikasi Open Source R dan Software Maple untuk penyelesaian masalah riset operasi dan optimisasi baik secara simbolik, numerik, maupun algoritmik.*

 Rilis/art