Fakultas Rumpun Ilmu Kesehatan Akan Terapkan “Inter Professional Education”

[unpad.ac.id, 28/12/2019] Fakultas rumpun ilmu kesehatan di lingkungan Universitas Padjadjaran akan menerapkan program “Inter Professional Education” (IPE). Program ini merupakan implementasi kerja sama antarprofesional dalam meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat.

Suasana Diskusi Kelompok Terpumpun (FGD) “Inter Professional Education” di Unpad Training Center, Jalan Ir. H. Djuanda No. 4, Bandung, Jumat (27/12).*

Upaya ini didasarkan adanya tuntutan kolaborasi antara dokter, dokter gigi, apoteker, perawat, psikolog, maupun tenaga pelayanan kesehatan lainnya di tingkat fasilitas kesehatan. Karena itu, perlu untuk menginisiasi kolaborasi tersebut dari tingkat pendidikan.

Sebagai langkah awal menerapkan IPE, fakultas rumpun kesehatan Unpad menggelar Diskusi Kelompok Terpumpun (FGD) yang digelar di Unpad Training Center, Jalan Ir. H. Djuanda No. 4, Bandung, Jumat (27/12). Diskusi ini dihadiri perwakilan dari Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Farmasi, dan Psikologi.

Ketua Pusat Unggulan Academic Health System (AHS) Unpad Dr. Yudi Mulyana Hidayat, dr., Sp.OG(K), Dip.MAS, mengatakan, IPE merupakan salah satu program Pusat Unggulan AHS Unpad sebagaimana Keputusan Menristedikti Nomor 55/M/KPT/2018 tentang Penugasan Perguruan Tinggi untuk Program Percontohan Sistem Kesehatan Akademik.

Dalam pertemuan ini disepakati bahwa materi IPE pertama yang akan dilaksanakan adalah tentang “geriatrik” dengan menitik beratkan pada aspek sosialnya. Diharapkan setelah modul pembelajaran selesai dibuat, IPE pertama ini dapat segera dilaksanakan.*

Rilis/am