Mahasiswa Faperta Unpad Juara “Soil Judging Contest 2019”

[unpad.ac.id, 9/12/2019] Mahasiswa Departemen Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran meraih juara dalam kejuaraan penilaian tanah atau “Soil Judging Contest” tingkat nasional yang digelar Kementerian Pertanian di Kampus Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementan RI, Bogor, Rabu (4/12) lalu.

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (kedua dari kiri) menyerahkan trofi bergilir Soepraptohardjo Cup kepada mahasiswa Departemen Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran yang berhasil meraih juara dalam kejuaraan penilaian tanah atau “Soil Judging Contest” tingkat nasional yang digelar Kementerian Pertanian di Kampus Penelitian dan Pengembangan Pertanian Kementan RI, Bogor, Rabu (4/12) lalu.*

Dalam kejuaraan tersebut, Unpad mengirimkan tiga mahasiswa, antara lain Dwika Graha Santana, Muhammad Kholil Masruri, dan Noviani Putri. Ketiganya berhasil meraih juara setelah memenangkan sejumlah kompetisi terkait penilaian tanah.

Dalam rilis yang diterima Kantor Komunikasi Publik Unpad disebutkan, kompetisi yang dilakukan meliputi selidik cepat tanah untuk menentukan jenis dan klasifikasi tanah serta kesesuaian lahannya. Penilaian juga dilakukan terkait teknik menyidik tanah secara cepat serta bagaimana kekompakan dan kerja sama tim selama kompetisi berlangsung.

Atas perolehan juara ini, tim berhak mendapatkan trofi bergilir Soepraptohardjo Cup. Penyerahan trofil dilakukan langsung oleh Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo.

Kejuaran penilaian tanah pada tahun ini diikuti oleh 22 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan Australia. Setiap tim terdiri dari 3 orang mahasiswa yang saling bekerja sama dalam menilai profil tanah.*

Rilis/am