Meninggal Dunia, Prof. dr. R.H. Sulaiman Sastrawinata, Sp.OG(K)

Laporan oleh Arief Maulana

Prof. dr. R.H. Sulaiman Sastrawinata, Sp.OG(K).*

[unpad.ac.id, 13/1/2020] Universitas Padjadjaran kehilangan salah seorang putra terbaiknya. Guru besar Fakultas Kedokteran Prof. dr. R.H. Sulaiman Sastrawinata, Sp.OG(K) meninggal dunia pada usia 96 tahun di Rumah Sakit Borromeus, Bandung, Sabtu (12/1) pagi.

Prof. Sulaiman merupakan guru besar dengan spesialisasi bidang obstetri dan ginekologi. Lahir di Ciamis, 9 Agustus 1924, Prof. Sulaiman memulai kariernya sebagai akademisi pada 1952, yaitu menjadi asisten ahli pada bagian obstetri dan ginekologi di RSUP Surabaya/FK Universitas Airlangga, Surabaya.

Almarhum memulai kariernya sebagai guru besar di FK Unpad pada 1966, setelah sebelumnya menjabat sebagai Dekan di FK Universitas Andalas, Padang. Pada tahun itu hingga 1984, Prof. Sulaiman menjabat sebagai Pembantu Dekan FK Unpad.

Selain aktif sebagai dosen dan dokter, Prof. Sulaiman juga mengabdikan dirinya pada aktivitas kemasyarakatan. Tercatat, Prof. Sulaiman pernah menjabat sebagai ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) pada tahun 1982 – 1985.

Sejumlah karya ilmiah dan buku-buku almarhum terkait bidang obstetri dan ginekologi masih menjadi acuan bagi pendidikan kedokteran di Indonesia.

Prof. Sulaiman mendapat penghormatan terakhir dalam upacara pelepasan yang digelar di Masjid Aljihad Unpad, Jalan Dipati Ukur No. 35, Bandung, Sabtu (11/1). Turut hadir Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Sumber Daya Unpad Prof. Arief S. Kartasasmita, dr., Sp.M(K), PhD.*